Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti

Cara Mengaktifkan Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti - Melanjutkan pembahasan tentang NMS Cacti pada artikel-artikel sebelumnya yang sudah saya posting, kali ini saya akan menulis artikel cara membuat notifikasi email ketika host down pada cacti. Dengan NMS Cacti selain kita bisa memonitor traffic / atau penggunaan bandwidth dalam bentuk graph, juga bisa disetup agar Cacti mengirimkan notifikasi berupa email ketika ada salah satu host yang down.


Cacti yang saya pakai adalah Version 0.8.8b yang berjalan di atas sistem  operasi Ubuntu server 16.04 LTS, untuk men-setup cacti agar dapat mengirimkan notifikasi email ketika ada host yang down kita perlu menambahkan plugins yaitu plugins Setting dan Thold, untuk tutorial installasi kedua plugins tersebut kamu bisa membacanya di artikel yang sudah saya posting, silahkan klik tautan dibawah.


Setelah kedua plugins tersebut berhasil diinstall di Cacti, selanjutnya silahkan login ke Ubuntu Servernya via SSH (Secure Shell) menggunakan aplikasi SSH Client seperti PuTTY maupun SecureCRT.

Kemudian kita install postfix, apa itu postfix? 

Postfix adalah Mail Transfer Agent, yaitu perangkat lunak berbasis open source yang digunakan untuk keperluan mengirim email, posftix biasanya diinstall pada sebuah mail server bersamaan dengan dovecot.

Cara Install postfix di Ubuntu Server.

$ sudo apt-get install postfix

Kemudian ikuti instruksi-instruksinya sampai selesai.

Apabila sudah selesai, login ke dashboard Cacti, kemudian klik menu Settings ~> Mail / DNS lalu isikan parameter-parameter berikut.

  • Test Email : Isi dengan alamat email tujuan.
  • Mail Service : Pilih SMTP.
  • From Email Address : Isi dengan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim.
  • From Name : Isi sesuai dengan keinginan.
  • Sendmail Path : Pastikan status nya sudah OK: FILE FOUND, kalau belum berarti postfix belum berhasil terinstall.
  • SMTP Hostname : Isi dengan alamat SMTP yang digunakan.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Untuk mengetest apakah Cacti sudah bisa mengirimkan notifikasi via email atau belum, klik tombol Send a Test Email di pojok kanan atas.

Kalau muncul seperti gambar di bawah, berarti sudah sukses dan siap disetup agar Cacti bisa mengirimkan notifikasi ketika ada host yang down via email.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Berikut email Cacti Test Message yang dikirim oleh Cacti ke akun email tujuan, dengan adanya email ini menandakan bahwa konfigurasi email outgoingnya sudah sukses.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Dengan konfigurasi di atas memang Cacti sudah bisa mengirim email ke alamat email tujuan, namun belum bisa mengirimkan notifikasi ketika ada host yang down, agar Cacti bisa mengirimkan notifikasi by email secara otomatis, kita harus melakukan sedikit konfigurasi lagi.

Masih di menu Settings, klik tab menu Thresholds kemudian scroll kebawah, pada bagian Emailing Options centang opsi Dead Hosts Notifications, tujuannya agar ketika ada host yang down maka cacti akan mengirimkan notifikasi.

  • Dead Host Notifications Email : Isi dengan alamat email tujuan.
  • From Email Address : Isi dengan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim email notifikasi.
  • From Name : Isi sesuai dengan keinginan, misalnya Network Monitoring System (Cacti).
  • Send Alerts as Text : Apabila dicentang maka notifikasi yg dikirimkan hanya berbentuk teks saja.

Selain itu, tidak ada yang perlu diubah, scroll lagi ke bawah kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan konfigurasi.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Konfigurasi sudah selesai, berikut email notifikasi yang masuk ketika ada salah satu host yang down di jaringan.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Dan berikut ini email notifikasi ketika host yang sebelumnya down sudah kembali up.
Cara Membuat Notifikasi Email Ketika Host Down di Cacti
Dengan mengaktifkan notifikasi host down by email, kita akan lebih aware ketika ada salah satu host di dalam jaringan kita yang mengalami gangguan sehingga mengakibatkan terjadinya koneksi down pada host tersebut.

Selain itu kita juga tidak perlu repot-repot mengakses NMS Cacti hanya untuk mengetahui apakah ada host yang down atau tidak, karena Cacti akan mengirimkan notifikasi secara otomatis.

Baca juga artikel menarik lainnya :



Demikian tutorial cara setting notifikasi email ketika ada host yang down di cacti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search