Cara Menghapus Profile Wi-Fi di Windows 8

- 1/26/2015
Cara Menghapus Profile Wifi di Windows 8 - Ketika laptop kamu terkoneksi ke jaringan wifi, maka secara otomatis laptop kamu akan menyimpan profile wifi yang sudah pernah dipakai, tujuannya agar pengguna (user) tidak perlu repot-repot memasukkan kembali password setiap kali ingin tersambung ke jaringan wifi. Informasi yang tersimpan pada profile wifi diantaranya meliputi nama wifi (SSID), jenis otentikasi, dan juga password. Informasi-informasi tersebut akan disimpan oleh laptop untuk memudahkan kita sebagai pengguna.

Namun masalahnya jika kita mengganti password wifi, maka laptop kita akan tetap menyimpan password wifi yang lama (tidak update), sehingga ini akan menjadi masalah ketika kita mengkoneksikan laptop ke wifi yang passwordnya sudah diganti, biasanya laptop tidak akan bisa dikoneksikan begitu saja.

Solusinya kita harus menghapus profile wifi tersebut dari laptop secara manual, kemudian jika sudah dihapus, kita bisa mengkoneksikannya kembali ke wifi dengan menggunakan password yang baru. Di artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menghapus profile wifi di laptop yang menggunakan sistem operasi windows 8.

Jika kamu menggunakan sistem operasi windows 7, maka kamu bisa menghapus profile wifi ini melalui control panel. Caranya sangat mudah, silahkan klik menu Start -> Control Panel (View: Small/Large Icons) -> Network and Sharing Center -> Manage wireless networks, kemudian kamu bisa memilih profile wifi mana yang akan dihapus.

Namun cara tersebut tidak berlaku jika kamu menggunakan sistem operasi windows 8 / 8.1, untuk menghapusnya kamu harus menggunakan command prompt dengan cara mengetikkan baris-baris perintah melalui jendela command prompt.

Cara Forget WiFi di Windows 8/8.1

Untuk menghapus profile wifi di windows 8/8.1, pertama kamu harus membuka jendela command prompt (CMD) dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R, kemudian ketikan kata kunci "cmd" lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

Jika jendela command prompt sudah terbuka, silahkan ketikkan perintah.

netsh wlan show profile

Perintah tersebut berfungsi untuk menampilkan semua profile wifi yang tersimpan pada laptop, contohnya bisa terlihat seperti gambar di bawah ini.


Setelah kamu mengetikkan perintah di atas, kamu bisa memilih profile mana yang akan dihapus, untuk menghapus profile wifi yang diinginkan, kamu bisa menjalankan perintah berikut.

netsh wlan delete profile name="Nama-wifi"

Pada gambar di bawah, saya menghapus profile wifi dengan nama Dabinter. Perlu diingat, profile wifi yang diketikkan bersifat case sensitive, jadi penulisannya harus sesuai dengan nama profile yang akan dihapus.


Kalau kamu mengetikkan perintah dengan benar, maka akan muncul pesan konfirmasi seperti ini.

Profile "Nama-wifi" is deleted from interface "Wireless Network Connection". 

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa perintah yang kamu jalankan sudah benar dan profile wifi sudah berhasil terhapus dari windows 8. Sekarang silahkan koneksikan kembali laptop kamu ke jaringan wifi, kemudian masukkan password yang baru agar laptop bisa internetan melalui sambungan wifi.

Kesimpulan

Selain agar laptop bisa terhubung ke jaringan wifi menggunakan password baru, meghapus profile wifi juga bisa kamu gunakan untuk melakukan tshoot jika ada laptop user yang bermasalah tidak bisa tersambung ke jaringan wifi.
Demikian tutorial cara menghapus wifi di windows 8. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat, terimakasih.
Advertisement
Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search