Cara Menghilangkan Log di Mikrotik via Winbox

- 1/30/2015
Cara Menghilangkan Log di Mikrotik via Winbox - Tutorial yang akan saya share kali ini adalah salah satu trik tersembunyi di mikrotik, kenapa saya katakan tersembunyi? karena memang tidak ada tool di winbox atau command pada console terminal untuk menghilangkan log di mikrotik, sebenarnya trik ini bukan betul-betul menghilangkan semua log yang ada di router mikrotik, tapi hanya mengurangi log saja sehingga hanya tersisa 1 baris, jadi bukan benar-benar menghilangkan.

Apa itu Log Pada Mikrotik?

Log adalah history atau catatan yang disimpan pada storage router mikrotik, log akan merekam semua aktifitas yang terjadi di dalam router mikrotik itu sendiri, kemudian aktifitas apa saja yang akan direkam pada log mikrotik? jawabannya adalah semua aktifitas baik itu perubahan konfigurasi yang dilakukan oleh user maupun aktifitas yang terjadi secara otomatis karena terjadinya proses lalu lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik.

Apa Manfaat Log Pada Router Mikrotik?

Karena log akan merekam semua aktifitas yang terjadi baik di dalam router mikrotik maupun lalu lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik, maka bisa dipastikan fitur log ini sangat bermanfaat sekali, sebagai salah satu bahan dokumentasi untuk keperluan analisa apabila suatu saat terjadi problem pada jaringan yang kita kelola, dengan log, kita akan mengetahui siapa yang melakukan perubahan konfigurasi pada router mikrotik, bahkan tidak jarang ada aktifitas dari luar jaringan seperti percobaan brute force attack oleh attacker yang tidak bertanggung jawab yang akan masuk ke dalam log, tentu saja akan memudahkan kita untuk mencegah atau mengantisipasi kejadian seperti ini.

Cara Menghilangkan atau Mengurangi Log Pada Mikrotik

Mengingat pentingya fitur log pada mikrotik, maka sebaiknya kita tidak menghilangkannya, karena ini akan berguna sebagai catatan atau dokumentasi mengenai perubahan konfigurasi pada router. Jadi tutorial ini saya buat sebetulnya hanya sebagai pengetahuan saja untuk teman-teman.

Singat cerita, saya beberapa kali mendapati router saya berhasil dibobol (hacked) oleh orang lain, beberapa konfigurasi penting diubah dan dihapus, bahkan si attacker menyisipkan script tertentu yang memungkinkan router melakukan download file berbahaya dari situs yang sudah disiapkan oleh attacker.

Hal pertama yang saya lakukan biasanya adalah dengan cara mengecek log, tujuannya untuk mengetahui si attacker ini login menggunakan user apa? Lalu dari IP mana attacker ini berasal? Dan apa saja konfigurasi yang dihapus, diubah atau ditambahkan oleh si attacker?

Tapi saya kaget karena informasi yang ditampilkan pada log hanya 1 baris saja, hal ini tentu menyulitkan saya untuk melakukan investigasi terhadap router.

Setelah saya oprek-oprek menu pada winbox, ternyata, ada trik atau cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau mengurangi informasi yang ditampilkan pada menu log. Gimana caranya? Silahkan teman-teman ikuti panduannya di bawah ini.

Router yang saya gunakan adalah RB750 dari keluarga RouterBoard series dengan versi RouterOS yaitu v6.15 mipsbe, untuk menghilangkan maupun mengatur jumlah baris pada log caranya seperti ini.

Untuk menghilangkan atau mengurangi jumlah baris pada log mikrotik, silahkan kamu login ke router mikrotik via winbox, kemudian klik menu New Terminal, lalu ketikkan perintah berikut ini pada new terminal.

/system logging action set memory memory-lines=1

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar di bawah ini.
Cara Menghilangkan Log di Mikrotik via Winbox
Kalau kamu sudah mengetikkan perintah di atas dan menekan Enter, maka hasilnya hanya akan tersisa 1 baris log saja seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Cara Menghilangkan Log di Mikrotik via Winbox
Untuk mengembalikannya lagi seperti semula, silahkan ketikan perintah yang sama, hanya saja parameter angka "1" harus kamu ganti dengan angka sesuai jumlah baris yang diinginkan yang nantinya akan muncul di log mikrotik, sebagai contoh saya ketikan perintah berikut untuk menampilkan baris log sebanyak 100 baris:

/system logging action set memory memory-lines=100

Angka "100" menunjukkan baris informasi yang akan muncul pada log mikrotik, kamu bisa mengubahnya sesuai keinginan, misalnya diganti jadi 1000 dst.

Nah itulah cara menghilangkan atau mengurangi baris log pada mikrotik, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan melalui artikel ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan beru untuk teman-teman.

Demikian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search