Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000

- 8/30/2015
Tutorial Cara Setting Wireless Range Extender - Jaringan wifi banyak digunakan karena mudah diinstall dan lebih fleksibel, cocok untuk user yang sifatnya mobile, berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain (tentu yang masih dalam satu area jangkauan sinyal wifi), namun satu perangkat wireless router / access point saja tidak cukup untuk menjangkau seluruh ruangan dalam satu rumah atau kantor.

Untuk itu diperlukan access point tambahan agar setiap sudut ruangan bisa terjangkau sinyal wifi, namun perangkat access point cukup rumit untuk diinstall karena memerlukan sambungan kabel dari router utama, lalu solusinya bagaimana? Solusinya yaitu kamu bisa memasang perangkat berupa repeater / range extender untuk memperkuat jangkauan sinyal wifi.

Baca juga : Perbedaan Access Point dan Range Extender

Pengertian Range Extender

Apa itu Range Extender ? Range Extender atau yang biasa disebut Repeater Range Extender merupakan alat yang bisa kita gunakan untuk memperkuat jangkauan sinyal wifi, secara harfiah kata Repeat artinya mengulang dan Range Extend artinya memperluas jangkauan. Jadi bisa di simpulkan bahwa Repeater Range Extender akan mengulang / menangkap sinyal dari wireless router dan menyebarkannya lagi ke user yang mendapatkan sinyal wifi lemah.

Cara Kerja Range Extender

Cara kerja dari alat ini sebenarnya simple, kita hanya perlu konfigurasi terlebih dahulu agar Range Extender bisa terkoneksi ke wireless router utama dengan syarat minimal range extender menangkap sinyal dengan kekuatan 1 bar, semakin besar kekuatan sinyal yang ditangkap tentunya akan semakin baik, setelah berhasil konek ke wireless router utama, maka range extender akan memancarkan kembali dan menyebarkan sinyal ke end user. 

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh dari pengaplikasian range extender di jaringan wifi.
Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000
Image taken from : www.linksys.com

 

Cara Setting Range Extender

Kalau sudah paham apa dan bagaimana cara kerja dari range extender, sekarang silahkan simak tutorial cara konfigurasinya di bawah ini.

Pertama hubungkan laptop kamu ke range extender, bisa menggunakan wifi atau dengan kabel LAN (Kabel UTP), agar lebih mudah saya sarankan menggunakan kabel LAN saja, kalau sudah dihubungkan menggunakan kabel, kamu harus setting alamat IP di laptop dengan network 192.168.1.0/24 (sesuai dengan segment IP dari range extender), kalau sudah kemudian ketikkan alamat IP 192.168.1.1 di URL bar browser, masukan default username dan password "admin" tanpa tanda petik.

Jika berhasil login otomatis akan diarahkan ke halaman setup, agar nantinya range extender lebih mudah kita remote, sebaiknya tentukan IP addressnya menjadi static seperti contoh gambar di bawah ini, jangan lupa klik tombol Save Settings untuk menyimpan konfigurasi.
Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000
Setelah menentukan IP address-nya, kita masuk ke tab Wireless -> Site Survey, tunggu beberapa detik sampai range extender selesai men-scan SSID (nama wifi) dari wireless router utama, dan kalau sudah muncul SSIDnya klik select kemudian klik tombol Connect.
Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000
Kamu akan diminta memasukan password, silahkan masukan password wifinya pada kolom Passphrase, kemudian klik tombol Connect sekali lagi.
Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000
SSID dan Password range extender ini bisa kita samakan dan bisa juga kita bedakan dengan SSID dari wireless router utama, klik sub-menu Basic Wireless Setting kalau kamu ingin mengubahnya.
Tutorial Cara Setting Range Extender Linksys RE2000
Konfigurasi range extender sudah selesai, seharusnya sudah berhasil konek dan siap digunakan.

Baca juga :

Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search