Cara Install Unifi Controller di Ubuntu & Linux Mint

- 1/27/2016
Cara Install Unifi Controller di Linux - Pada postingan kali ini saya akan membahas tutorial Cara Install Unifi Controller di Ubuntu & Linux Mint, awalnya unifi controller hanya support untuk OS windows saja, namun sekarang unifi controller juga sudah support untuk linux dan salah satunya keluarga debian dan ubuntu, pada saat menulis tutorial ini saya menggunakan OS Linux Mint 17.3 Rosa dan Unifi Controller versi 4.7.6.

Update !!
Saat ini sudah tersedia unifi controller terbaru yaitu versi 5.5.20, pada versi terbaru unifi menghadirkan banyak fitur tambahan dan juga user interface yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Saya asumsikan kamu sudah menginstall software java versi 1.7 atau yang terbaru, ini karena di tutorial ini saya tidak akan membahas cara install javanya.

Tutorial mengenai installasi java di Ubuntu dan juga distro turunannya sudah saya posting di artikel terpisah yang bisa kamu baca disini (Baca : Tutorial cara install Java OpenJDK di Ubuntu).

Tambahkan Repository dan GPG Key

Dikarenakan unifi controller belum tersedia di repositori ubuntu dan linux mint, jadi kamu perlu menambahkan repositori ubiquiti ke dalam direktori /etc/apt/source-list.d/ terlebih dulu.

echo 'deb http://www.ubnt.com/downloads/unifi/debian stable ubiquiti' | sudo tee -a /etc/apt/sources.list.d/100-ubnt.list

Selanjutnya kamu  harus menambahkan GNU Privacy Guard (GPG) yaitu kunci untuk Unifi dan MongoDB yang digunakan untuk menyimpan user dan statistik WiFi di dalam controler Unifi.

Kunci GPG memverifikasi genuinity dari siapa kamu akan men-download saat proses instalasi, copy-paste perintah berikut di terminal untuk menambahkan.

sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv C0A52C50 && sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv 7F0CEB10

Setelah selesai menambahkan repository dan GPG key, tahap berikutnya yaitu kamu harus mengupdate repository dengan perintah berikut.

$ sudo apt-get update

Tunggu sampai proses update repository selesai.

Menginstall Unifi Controller

Jika update repositori sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa menginstall unifi controller, ketikkan perintah berikut untuk menginstall unifi controller.

$ sudo apt-get install unifi -y

Tunggu sampai selesai, pada tahap ini akan sekaligus menginstall dependensi termasuk Java 6, MongoDB, Tomcat dan tool sertifikat java SSL.

Kalau semuanya berjalan dengan lancar maka kamu sekarang kamu sudah bisa mengakses halaman menu konfigurasi dari unifi controller, untuk mengaksesnya ketikkan format berikut pada URL bar browser.

https://ipaddress:8443

Cara Install Unifi Controller di Ubuntu & Linux Mint
Kalau unifi controller sudah bisa diakses via web browser seperti gambar di atas, maka kamu sudah bisa men-setup access point unifi menggunakan controller tersebut.

Troubleshoot

Jika terjadi kesalahan ketika mengakses unifi controllernya, kamu bisa melakukan diagnosa permasalahan yang muncul dengan cara melihat terlebih dulu lognya dengan perintah berikut :

$ cat /var/log/unifi/server.log

Kemudian restart unifi controllernya, sama seperti service lain di ubuntu dan linux mint, unifi controller juga bisa kita stop, start dan restart.

Perintah untuk stop service unifi controller.

$ sudo service unifi stop

Perintah untuk start service unifi controller.

$ sudo service unifi start

Perintah untuk restart service unifi controller.

$ sudo service unifi restart

Perintah untuk melihat status terakhir unifi controller.

$ sudo service unifi status

Sekarang proses installasi unifi controller di mesin linux sudah selesai dan bisa digunakan untuk mengkonfigurasi dan mengontrol semua device unifi yang ada di dalam satu network, kelebihan unifi controller yang terbaru selain interfacenya yang smooth, tool-toolnya juga sangat memudahkan untuk proses konfigurasi, demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Download ebook tutorial konfigurasi AP UniFi di Controller Server (IP Public)

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search