Cara Mengganti Hostname di GNU/Linux

- 5/26/2016
Tutorial Cara Mengubah Hostname di Linux - Di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti hostname suatu komputer atau PC pada sistem operasi komputer berbasis GNU/Linux, tapi sebelum lanjut lebih jauh mungkin ada yang belum tahu apa itu hostname? Kalau ada yang belum tahu baiklah akan saya jelaskan sedikit.
Cara mengganti hostname di GNU/Linux

Pengertian Hostname Pada Jaringan Komputer

Menurut wikipedia bahasa indonesia, disebutkan bahwa Host atau Hostname adalah nama pada komputer. Pemberian nama ini bersifat spesifik untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.

Fungsi Hostname Pada Jaringan Komputer

Fungsi hostname ini yaitu sebagai salah satu identitas suatu komputer yang terkoneksi ke dalam sebuah jaringan (selain IP address dan MAC address). Lalu bagaimana cara mengetahui hostname pada komputer yang sedang kita gunakan? Kalau kamu membuka konsol terminal pada OS linux, maka kamu akan menemukan prompt seperti gambar berikut ini.
Cara mengganti hostname di GNU/Linux
Berikut penjelasan dari prompt pada gambar di atas :

root = adalah nama user yang sedang saya gunakan.
dell-vostro = adalah nama hostname komputer saya.
/home/dodiventuraz = adalah directory dimana saya berada.

Cara Mengganti Hostname di Linux

Bagaimana cara mengubah nama hostname sesuai dengan yang kita inginkan? Agar lebih mudah kita gunakan console terminal saja untuk mengganti hostnamenya.

Pertama, silahkan buka konsol terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard, lalu kita edit file hostname yang ada di direktori /etc menggunakan teks editor.

$ sudo nano /etc/hostname
Selanjutnya tinggal ubah saja nama hostname sesuai dengan yang kamu kehendaki, sebagai contoh disini saya mengganti nama hostname yang sebelumnya dell-vostro menjadi kali-linux, kalau sudah silahkan tekan CTRL + X dan tekan lagi Y untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Apakah sudah selesai? Tentu saja belum, pada beberapa distro linux yang sempat saya gunakan biasanya akan mengalami error sudo: unable to resolve host hostname ketika menjalankan perintah dengan sudo, untuk menghindari hal seperti itu terjadi, maka kamu juga perlu mengganti nama hostname yang ada di file /etc/hosts, ketikkan perintah berikut di terminal untuk mengeditnya.

$ sudo nano /etc/hosts

Kemudian ubahlah nama hostname yang saya block warna putih seperti terlihat pada gambar di bawah sesuai dengan nama hostname yang sudah kamu ganti di /etc/hostname.
Cara mengganti hostname di GNU/Linux
Tekan tombol CTRL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan perubahan konfigurasi, tutup terminal linux kamu kemudian buka lagi untuk melihat perubahannya, seharusnya sekarang hostname di Linux kamu sudah berubah.

Demikian langkah-langkah cara mengganti hostname di Linux, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search