Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu

- 6/21/2016
Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu - FTP (File Transfer Protocol) adalah protocol dalam jaringan yang digunakan untuk keperluan transfer file dari komputer server ke client maupun sebaliknya, pada sistem operasi GNU/Linux khususnya distro linux basis debian dan ubuntu, kita harus menginstall dan mengkonfigurasi VSFTPD agar bisa menjalankan service FTP ini. Selain VSFTPD sebetulnya kita bisa install aplikasi FTP server lain misalnya ProFTPD, tapi saya lebih sering pakai VSFTPD dan ini yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu
Source image taken from : www.pixabay.com

Cara install VSFTPD di Debian dan Ubuntu

Meskipun judulnya cara install vsftpd di debian dan ubuntu tapi tutorial ini berlaku di semua distro linux turunan debian dan ubuntu karena management paketnya masih sama yaitu apt-get, karena vsftpd sudah tersedia di repository, maka cara instalnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengetikkan perintah berikut.

$ sudo apt-get install vsftpd

Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai.

Konfigurasi VSFTPD di Debian dan Ubuntu

Kalau sudah selesai, sekarang kita harus mengkonfigurasi vsftpd agar service FTP bisa berjalan, caranya yaitu dengan mengedit file di /etc/vsftpd.conf dengan teks editor gedit, leafpad, nano, vim atau teks editor lainnya yang kamu sukai.

$ sudo gedit /etc/vsftpd.conf

Untuk mencegah anonymous berhasil login ke FTP server maka kita harus menghilangkan tanda pagar (#) di belakang command.

anonymous_enable=NO

Untuk mengizinkan user dengan otentikasi lokal untuk login ke FTP server hilangkan tanda pagar (#) sebelum command.

local_enable=YES

Agar user bisa memodifikasi isi file di dalam directory (folder) FTP Server, hilangkan tanda pagar (#) di belakang command berikut.

write_enable=YES

Kalau kamu masih bingung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu
Kamu juga bisa menentukan agar user hanya bisa mengakses directory-nya sendiri tanpa bisa mengakses directory lain dengan menghilangkan tanda pagar (#) sebelum command berikut.

chroot_local_user=YES

Kalau sudah silahkan klik Save untuk menyimpan semua konfigurasi.

Menambahkan User & Membuat Directory User

Tahap berikutnya yaitu kamu harus menambahkan user baru dan membuat directory untuk user tersebut agar ketika login, user tersebut bisa mengakses directory-nya sendiri, untuk menambahkan user baru ketikkan perintah berikut di terminal.

$ sudo adduser venturaz
Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu
Silahkan ganti kata venturaz dengan user yang kamu inginkan, kemudian kamu akan diminta mengisikan password untuk user tersebut, informasi seperti Full Name, Room Number dan lain-lain bisa kosongkan saja dengan menekan tombol Enter.

Atur juga kepemilikan (ownership) root untuk directory /home/venturaz.

$ sudo chown root:root /home/venturaz 

Buat directory baru di dalam directory /home/venturaz yang digunakan untuk menyimpan file yang nantinya akan diupload.

$ sudo mkdir /home/venturaz/ftp

Langkah terakhir berikan hak akses agar user yang baru saja dibuat dapat mengakses directory /home/venturaz/ftp.

$ sudo chown venturaz:venturaz /home/venturaz/ftp

Dalam beberapa kasus yang saya temui ketika sudah selesai mengkonfigurasi VSFTPD server, kadang port FTP 21 belum bisa diakses atau service FTPnya belum berjalan, oleh karena itu kamu harus mengaktifkan service FTPnya dengan mengetikkan perintah berikut di terminal.

$ sudo service vsftpd start

Untuk melihat status FTP apakah sudah running atau belum? Ketikkan perintah berikut.

$ sudo service vsftpd status
Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian & Ubuntu
Baca juga : Cara install FTP Client FileZilla di Ubuntu & Linuxmint

Sampai disini semua proses install dan konfigurasi FTP Server sudah selesai, kamu bisa coba mengakses FTP Server menggunakan FTP Client pihak ketiga seperti FileZilla, ataupun mengaksesnya langsung dari browser dengan format ftp://ip_server atau ftp://domain_server, demikian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search