Cara Blok Client Dengan MAC Filter di Router Linksys E1200

- 8/05/2016

Pengertian MAC Address Filtering

MAC Filter adalah salah satu metode yang digunakan untuk memblok koneksi client dengan cara memasukkan MAC address client ke dalam daftar blacklist yang ada pada router. Setelah kita memasukkan MAC address client ke dalam daftar blacklist, selanjutnya router akan memblok setiap request dari client.

Selain menggunakan MAC filter, sebetulnya kita bisa memblokir koneksi client berdasarkan alamat IP, namun masalahnya kalau client mengubah alamat IPnya, maka client tersebut tidak akan terblokir. Jadi solusi terbaik ialah dengan cara memblokir MAC addressnya karena MAC address merupakan alamat fisik yang melekat pada perangkat client dan tidak bisa diubah.

Cara blokir MAC Address client dengan MAC Filter di router Linksys E1200

Router wifi Linksys E1200 memiliki fitur untuk keperluan MAC address filtering dengan konfigurasi yang sangat mudah, saya asumsikan kamu sudah menyetting router linksys-nya dan sudah running dengan baik.

Kemudian untuk memblokir MAC address client caranya silahkan login terlebih dahulu ke router dengan mengetikkan IP address router pada URL bar browser, jika sudah muncul halaman login silahkan memasukkan username & password yang sesuai.

Baca juga : Cara konfigurasi router wifi Linksys E1200

Kalau sudah login klik menu Setup > Basic Setup, kemudian klik tombol DHCP Reservation untuk melihat list user yang terkoneksi ke jaringan wifi.
Cara Blok Client Dengan MAC Filter di Router Linksys E1200
Setelah mengklik tombol DHCP Reservation, nanti akan terbuka menu pop-up seperti gambar di bawah, setiap user yang terkoneksi ke wifi akan otomatis muncul pada table DHCP.

Informasi yang ditampilkan pada tabel ini yaitu mulai dari Client Name, Interface yang digunakan, IP Address & MAC Address, silahkan kamu copy MAC Address target yang akan diblok, lalu tutup lagi pop-upnya dengan mengklik tombol Close.
Cara Blok Client Dengan MAC Filter di Router Linksys E1200
Kalau sudah mengetahui MAC Address user yang akan diblok, sekarang kita blokir dengan cara masuk ke menu Wireless > Wireless MAC Filter, klik Enabled kalau ada pertanyaan Your new setting will disable Wi-Fi Protected Setup.  Do you want to continue? klik OK saja.

Kemudian silahkan masukkan MAC Address client yang akan diblok pada kolom yang tersedia, kalau sudah silahkan klik tombol Save Setting dan klik lagi Continue.
Cara Blok Client Dengan MAC Filter di Router Linksys E1200
Batas maksimal MAC Address yang bisa diblok yaitu 32 MAC Address. Dengan konfigurasi di atas kamu sudah berhasil memblock client dengan mac address filtering, user yang diblok akan otomatis disconnect dan meskipun berusaha connect lagi baik melalui wifi maupun kabel LAN bahkan mengganti IP address sekalipun user tersebut tetap tidak akan mendapatkan koneksi internet.

Baca juga : Cara konfigurasi wireless range extender Linksys RE2000

Oh ya, kalau user tersebut mengganti MAC Addressnya dengan MAC Changer, maka user tersebut tidak akan terblok lagi, yang berarti user tersebut bisa terkoneksi ke jaringan wifi seperti biasanya. Jadi sebaiknya kamu memastikan user tersebut tidak mengganti MAC addressnya dengan MAC Changer.

Demikian tutorial cara memblok client dengan MAC Filter di router Linksys E1200. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search