Mengatasi Port Ethernet Mikrotik Tidak Menyala

Mengatasi Port Interface Mikrotik Tidak Menyala - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana, tapi meskipun sederhana semoga saja bermanfaat ya, saya sempat menemui beberapa kasus di mana lampu LED untuk port ethernet pada routerboard mikrotik baik itu type RB750 maupun RB951Ui-2HnD tidak menyala sama sekali. Padahal PC yang dihubungkan ke router mikrotik statusnya connected.

Awalnya sempat bingung karena memang koneksi internet lancar-lancar aja.

Usut punya usut akhirnya saya menemukan beberapa solusi yg bisa kamu coba untuk mengatasi port ethernet pada routerboard mikrotik yang tidak menyala sama sekali. Solusinya apa saja? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Port Ethernet Mikrotik Tidak Menyala

Solusi pertama, silahkan login ke routerboard mikrotik via winbox, kemudian klik menu System > LEDs > klik tanda plus [+] untuk menambahkan rule baru. Setelah itu akan muncul jendela New LED Trigger, ada 3 parameter yang harus ditentukan yaitu : 

  • Type = interface activity.
  • Interface = ether2 (isi dengan port interface yang akan diaktifkan).
  • LEDs = led2 (sesuaikan dengan interface yg akan di aktifkan).
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara setting agar port di router mikrotik menyala 
Lakukan langkah di atas sebanyak port ethernet yang akan kamu aktifkan LEDnya, kalau sudah klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Sekarang coba kamu cek lagi, seharusnya port ethernet routerboard yang tercolok kabel sudah nyala seperti sebelumnya. Jika masih belum nyala juga, coba lakukan langkah yang terakhir.

Solusi terakhir, kalau dengan cara di atas masih belum nyala juga port ethernet routerboardnya, maka kamu bisa coba install ulang routerboard dengan netinstall, untuk tutorialnya sendiri akan saya bahas di lain waktu. 

Kesimpulan

LED pada port ethernet router mikrotik yang tidak berfungsi atau tidak menyala akan menyulitkan bagi kita untuk menentukan apakah port ethernet tersebut bermasalah atau tidak, karena LED pada port ethernet router mikrotik memiliki fungsi untuk mengidentifikasi bahwa port tersebut dalam keadaan connected dengan perangkat jaringan yang lain atau tidak.

Demikian langkah-langkah mengatasi port mikrotik yang tidak menyala yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, terimakasih sudah berkunjung, kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Baca juga artikel menarik lainnya :
 
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search