Cara Mengatasi Cacti Tidak Bisa Menampilkan Graph Traffic Lebih Dari 100 Mbps

- 9/30/2017
Cara Mengatasi Cacti Tidak Bisa Menampilkan Graph Lebih Dari 100 Mbps - Permasalahan ini biasanya ditemukan ketika kita menambahkan device baru pada NMS Cacti, dan traffic yang yang mengalir pada salah satu port interface device (router, switch, server) tersebut lebih dari 100 Mbps.

Secara default, ketika kita menambahkan device baru pada Cacti agar bisa di graph maka traffic yang tercatat di graph tidak akan bisa lebih dari 100 Mbps, artinya meskipun traffic real yang terpantau pada port interface router lebih dari 100 Mbps maka graph di Cacti hanya mentok di 100 Mbps saja.
Cara Mengatasi Cacti Tidak Bisa Graph Traffic Lebih Dari 100 Mbps
Case yang saya alami sendiri saya temukan ketika ingin menampilkan graph / traffic pada router Mikrotik dan juga switch Huawei di NMS Cacti, padahal traffic real yang ada bisa mencapai 400 Mbps sampai 1 Gbps.

Kejadian seperti ini sering saya alami, awalnya sempat bingung bagaimana cara mengatasinya, sempat googling sana-sini dan trial and error sampai akhirnya ketemu deh solusi nya 😄.

Cara Mengatasi Graph Pada Cacti Mentok 100 Mbps

Untuk mengatasi masalah seperti ini pada NMS Cacti ternyata cukup mudah, kita hanya perlu melakukan 2 langkah saja untuk memperbaikinya.

Menggunakan SNMP Version 2

Ketika kamu menambahkan device baru baik itu Router, Switch, Server maupun perangkat jaringan lainnya pada Cacti, pastikan untuk memilih dan menggunakan SNMP Version 2.

Baca juga : Tutorial monitoring router mikrotik dengan Cacti

Mengubah Data Sources

Kalau sudah menggunakan SNMP Version 2 pada device yang ingin digraph dengan Cacti, langkah berikutnya adalah mengubah data sourcesnya.

Pada tab Console klik menu Data Sources, kemudian pilih device yang akan diubah data sourcesnya, kalau sudah ketemu tinggal di klik saja. Kemudian ubah parameter-paremeter berikut ini.

  • Output Type ID : In/Out Bits (64-bit Counters)
  • Maximum Value ('U' for No Maximum) : 1000000

Kalau sudah selesai, klik tombol Save untuk menyimpan perubahan konfigurasi.
Cara Mengatasi Cacti Tidak Bisa Graph Traffic Lebih Dari 100 Mbps
Selesai, untuk melihat hasilnya kita harus menunggu interval waktu 5 menit, karena proses pencatatan graph pada cacti memerlukan interval waktu 5 menit, dan berikut hasil akhirnya.
Cara Mengatasi Cacti Tidak Bisa Graph Traffic Lebih Dari 100 Mbps
Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa saat ini Cacti sudah berhasil menampilkan graph dengan traffic lebih dari 100 Mbps pada device yang digraph.

Cukup sekian tutorial kali ini, semoga tutorial kali ini bermanfaat, bantu blog ini dengan cara share di Social Media agar terus berkembang dan bisa terus memposting tutorial-tutorial bermanfaat lainnya.

Baca juga :

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search