Tutorial Cara Upgrade Ubuntu Server via Terminal

- 11/03/2017
Tutorial Cara Upgrade Ubuntu Server via Terminal - Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang sudah saya posting di blog ini, di artikel sebelumnya saya sudah membahas tutorial cara upgrade Ubuntu 14.04 LTS ke Ubuntu 16.04 LTS versi desktop (GUI), jadi untuk proses upgradenya tinggal klak klik mouse saja.

Baca juga : Tutorial cara upgrade Ubuntu 14.04 ke Ubuntu 16.04 LTS

Sedangkan untuk melalukan upgrade distro linux Ubuntu versi server, tentunya kita harus melakukannya menggunakan command line interface (CLI) pada console terminal. Ini dikarenakan Ubuntu server tidak memiliki tampilan GUI seperti pada versi desktop, namun kamu tidak perlu kuatir karena cara melakukan upgrade pada Ubuntu server via terminal bisa dibilang cukup mudah.
Tutorial Upgrade Ubuntu Server via Terminal
Kalau kamu menggunakan Ubuntu versi desktop yang dilengkapi dengan Desktop Environment, sebetulnya bisa juga menggunakan cara ini untuk meng-upgrade versi Ubuntu yang terinstall ke versi terbaru. Jadi, upgrade Ubuntu via terminal menggunakan command line dapat dilakukan pada Ubuntu server dan Ubuntu versi desktop (GUI).


Tutorial Cara Upgrade Ubuntu via Terminal

Untuk mengupgrade versi Ubuntu ke versi terbaru, kita akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu apakah akan mengupgrade Ubuntu ke versi normal (Non-LTS) atau mengupgrade Ubuntu ke versi Long Term Support (LTS).

Saya asumsikan kamu sudah mengetahui perbedaan antara kedua versi tersebut dikarenakan pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan perbedaan antara keduanya, pembahasan mengenai perbedaan versi Ubuntu LTS dan Non-LTS insyaallah akan saya tulis di artikel terpisah.

Sebelum masuk ke tahap upgrade, ada beberapa package yang harus diinstall, yaitu apt dan dpkg, untuk menginstalnya ketikkan perintah berikut di console terminal.

$ sudo apt-get install apt -y
$ sudo apt-get install dpkg -y

Apabila sudah selesai, sekarang saatnya kita melakukan upgrade versi Ubuntu ke versi yang lebih baru, disini kita akan mencoba meng-upgrade versi Ubuntu dari LTS ke versi Non-LTS dan sebaliknya.

Upgrade Ubuntu dari Non-LTS ke LTS

$ sudo apt-get install update-manager-core
$ sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Apabila filenya sudah terbuka, cari kata Prompt lalu ubah dari normal menjadi lts.

Prompt=normal

Menjadi . .

Prompt=lts

Kemudian upgrade dengan perintah berikut.

$ sudo do-release-upgrade


Upgrade Ubuntu dari LTS ke Non-LTS

Untuk mengupgrade versi Ubuntu dari LTS ke versi Non-LTS caranya hampir sama.

$ sudo apt-get install update-manager-core
$ sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Apabila filenya sudah terbuka, cari kata Prompt lalu ubah dari lts menjadi normal.

Prompt=lts

Menjadi . .

Prompt=normal

Langkah terakhir, lakukan upgrade dengan perintah berikut.

$ sudo do-release-upgrade

Selanjutnya, silahkan kamu ikuti setiap intruksi yang ada selama proses upgrade sampai selesai, pastikan juga koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil, ini dikarenakan untuk melakukan upgrade versi Ubuntu ada beberapa package yang harus didownload dan memerlukan koneksi internet agar package dapat didownload sebelum diinstall.

Demikian tutorial cara upgrade ubuntu server melalui terminal. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search