Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge - Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting tutorial konfigurasi modem ONT Huawei HG8245A yang bisa sobat baca diblog ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara setting / konfigurasi modem ONT Huawei HG8245H sebagai mode bridge.

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar bagaimana mengkonfigurasi modem ONT Huawei dalam mode routing, dimana modem ONT dapat melakukan dial-up pppoe client ke pppoe server yang ada disisi penyedia layanan internet (ISP). 

Selain melakukan dial-up, modem juga berfungsi sebagai DHCP Server yang memberikan alokasi alamat IP kepada user secara dinamis, juga berfungsi menyebarkan SSID (Service Set Identifier) agar user dapat terkoneksi melalui jaringan wifi ke modem ONT.

Konfigurasi tersebut diterapkan apabila kita tidak menambahkan router lagi, sehingga semua management yang berkaitan dengan lokal network sepenuhnya dikontrol oleh modem ONT. Bagi sobat yang memutuskan untuk menambahkan router lain didalam jaringan, router mikrotik misalnya, maka sobat bisa men-setup modem ONT Huawei ini sebagai mode bridge.

Tujuannya agar modem hanya berfungsi untuk melewatkan traffic saja. Sedangkan dial-up pppoe, pengaturan alamat IP, DHCP Server, bandwidth management, port forwarding dan lain-lain sepenuhnya dihandle oleh router yang berada dibawah modem.

Apabila sobat masih bingung maksudnya seperti apa, silahkan lihat topologi dibawah, pada tutorial ini saya menggunakan modem ONT Huawei HG8245H yang akan disetup sebagai bridge, dan router mikrotik RB951Ui-2HnD yang bertugas melakukan dial-up pppoe client. 
Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Tutorial Konfigurasi Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Setelah mengetahui topologinya seperti apa, sekarang kita masuk ke tahap konfigurasinya, silahkan koneksikan laptop yang sobat pakai untuk melakukan konfigurasi ke modem ONT menggunakan kabel UTP. Biasanya laptop akan otomatis mendapatkan IP DHCP dari modem, kalau tidak, silahkan setup IP static pada laptop sesuai dengan segment IP default dari modem yaitu 192.168.100.x.

Kemudian akses alamat IP 192.168.100.1 melalui web browser, apabila diminta memasukkan username dan password, silahkan ketikkan username : telecomadmin dan password : admintelecom.

Note!
Jika username dan password tersebut tidak work, silahkan gunakan username & password yang saya share di artikel berikut : Password modem Huawei Indihome terbaru 2020

Setelah berhasil login, klik menu LAN ~> LAN Port Work Mode, kemudian centang port LAN yang akan diaktifkan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Selanjutnya ubah konfigurasi interface WAN dengan cara klik tombol WAN ~> lalu klik tombol New, kemudian ubah parameter-parameter berikut ini.

Enable WAN : Centang, untuk mengaktifkan
Encapsulation Mode : PPPoE
Protocol Type : IPv4
WAN Mode : Bridge WAN
Service Type : INTERNET
Enable VLAN : Centang, untuk mengaktifkan VLAN
VLAN ID : 210, isi sesuai dengan VLAN ID yang sobat dapatkan dari ISP
Binding Options : Centang port LAN yang akan dibinding

Terakhir klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Dikarenakan modem disetup menjadi mode bridge, maka fungsi SSID yang ada pada modem sudah tidak diperlukan lagi, untuk itu sebaiknya di disable saja agar tidak membingungkan user yang ingin terkoneksi ke jaringan wifi.

Untuk me-nonaktifkan interface WLAN pada modem ONT Huawei HG8245H caranya klik menu WLAN kemudian un-centang Enable WLAN.

Tutorial Setting Modem ONT Huawei HG8245H Sebagai Mode Bridge

Sampai disini modem ONT sudah berhasil dikonfigurasi menjadi mode bridge, silahkan hubungkan router mikrotik ke salah satu port LAN modem ONT menggunakan kabel UTP.

Untuk tutorial konfigurasi pppoe client di router mikrotik kebetulan sudah saya publish diblog saya yang lain (www.dodiventuraz.net), sobat bisa membacanya diblog tersebut, atau silahkan klik tautan dibawah.


Saya rasa cukup sampai disini untuk pembahasan tutorial kali ini, apabila ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar sob, selagi waktu senggang insyaallah akan saya jawab. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search