Tutorial Cara Install Web Server di Docker

- 5/29/2018
Tutorial Cara Install Web Server di Docker - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas dan berkenalan dengan Docker (Baca : Docker, Teknologi Virtualisasi Yang Wajib di Pelajari Pada Zaman Now).
Tutorial Menginstall Web Server Dasar di Docker
Selain itu, pada artikel sebelumnya kita juga sudah berhasil menjalankan kontainer. Nah berarti sekarang kita bisa lanjut ke materi selanjutnya yaitu Tutorial Menginstall Web Server di Docker. Pada tutorial ini kita akan menggunakan httpd sebagai web servernya, cara instalasinya mudah banget kok sama seperti instalasi web server pada umumnya.

Yang sedikit membedakan hanya perintah-perintahnya saja, bagi kalian yang baru mempelajari Docker mungkin akan merasa sedikit pusing, tapi tenang saja, karena itu proses adaptasi dengan lingkungan Docker. Nanti kalau sudah terbiasa jadi gampang kok, percaya deh 😊

Kalau kalian melakukan instalasi web server, biasanya apa aja sih tahapannya? Kalau di Ubuntu itu pertama kalian harus memastikan koneksi, update repository, kemudian install web servernya, sebelum ditest harus dipastikan apakah web servernya sudah running atau masih failed, terakhir baru deh test dengan cara mengakses webnya melalui web browser. Kurang lebih seperti itu ya tahapannya, nah proses instalasi web server di Docker juga kurang lebih seperti itu, mirip-mirip.

Tahap Proses Instalasi Web Server di Docker

Proses instalasi web server di Docker kurang lebih seperti ini tahapannya :
  1. Pertama memastikan koneksi terlebih dahulu
  2. Ngepull image dari repo Docker
  3. Lalu running image itu menjadi kontainer
  4. Lalu cek statusnya, apakah sudah up atau masih down
  5. Lalu cek IP address kontainer yang kita gunakan
  6. Terakhir, test di web browser

Cara Instalasi Web Server di Docker

Sebelum kita menginstall web server di Docker, kita harus memastikan koneksi internet terlebih dahulu, dan juga pastikan sudah menginstall Docker, jika sudah, mari kita lanjut ke proses instalasi web servernya.

1. Lakukan pull image httpd dari repo Docker, jalankan perintah berikut.

$ sudo docker pull httpd

2. Setelah itu, langsung kita running imagenya menjadi kontainer.

$ sudo docker run -d httpd

3. Setelah itu kita cek statusnya dengan mengetikkan perintah berikut.

$ sudo docker ps -a

Pastikan statusnya sudah Up, kamu harus mengingat nama dari kontainer yang tadi sudah dirunning.

4. Sekarang kita cek IP address kontainer tersebut dengan perintah berikut ini, kemudian kita akses menggunakan web browser.
$ sudo docker network inspect bridge

5. Lalu sekarang kamu cari IP Address nya yang sesuai dengan nama kontainer tadi, contohnya seperti screenshoot dibawah ini.
Tutorial Menginstall Web Server Dasar di Docker
6. Terakhir, silakan akses IP address tersebut di URL bar browser kamu untuk menampilkan web server yang sudah kita running, jika muncul seperti gambar dibawah ini, berarti kita sudah berhasil menginstall web server di Docker.
Tutorial Menginstall Web Server Dasar di Docker
Sampai disini kamu sudah berhasil melakukan instalasi web server di Docker, mudah bukan? Setelah berhasil menginstall web server, pada artikel selanjutnya saya akan membagikan tutorial cara mengubah tampilan atau default page dari web server docker yang bertuliskan It Works! menjadi tampilan yang sesuai dengan yang kita inginkan. 

Update !!
Tutorial mengubah tampilan default web server pada docker sudah saya posting, silahkan klik tautan berikut untuk mempelajarinya. (Baca : Tutorial cara mengubah tampilan default web server pada docker).

Demikianlah langkah-langkah cara menginstall web server di Docker, semoga tutorial singkat kali ini bermafaat bagi kalian yang ingin belajar Docker, terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search