Cara Blok Situs di Mikrotik Dengan Content

- 2/12/2019
Tutorial Cara Blokir Situs di Router Mikrotik Dengan Content - Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, bahwa router mikrotik memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan blocking situs, salah satunya yaitu content.
Cara Blok Situs di Mikrotik Dengan Content
Ya, router mikrotik memiliki fitur yang disebut dengan content, mengutip dari wiki.mikrotik.com, definisi dari content adalah "Match packets that contain specified text" yang berarti fitur content ini digunakan untuk mencocokan suatu paket yang berisi teks tertentu.

Implementasi dari fitur content ini sebetulnya tidak hanya untuk keperluan blocking saja, tergantung dari action yang dipakai pada rule tersebut, namun pada artikel ini kita hanya akan membahas bagaimana cara blok situs di mikrotik dengan content.

Cara Blok Situs Dengan Content di Router Mikrotik

Sebagai contoh, kita akan melakukan pemblokiran akses ke situs www.dodiventuraz.net menggunakan fitur content yang ada pada filter rules mikrotik, caranya klik menu IP -> Firewall -> Filter Rules.

Kemudian klik tombol Add (+) berwarna biru untuk membuat rule baru, kemudian lakukan konfigurasi dengan parameter berikut ini. 
  • Chain : forward 
  • Content : dodiventuraz.net (sesuaikan dengan situs yg akan diblok) 
  • Action : drop
Cara Blok Situs di Mikrotik Dengan Content
Lalu klik tombol Apply dan OK. Rule yang sudah dibuat akan terlihat seperti ini.
Cara Blok Situs di Mikrotik Dengan Content
Setelah rule dibuat, coba akses alamat www.dodiventuraz.net, jika tidak ada kesalahan konfigurasi maka situs yang diblok tidak akan berhasil diakses dan akan muncul laman error seperti ini.
Cara Blok Situs di Mikrotik Dengan Content
Dari hasil pengujian ternyata situs www.dodiventuraz.net sudah berhasil diblok menggunakan fitur content yang ada pada router mikrotik.

Demikian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search