Tutorial Cara Install Hydra di Ubuntu

- 7/21/2019
Tutorial Cara Install THC Hydra di Ubuntu - Hydra adalah salah satu tool security yang dipakai untuk melakukan cracking password secara remote. Tool ini dikembangkan oleh THC (The Hacker Choice) di bawah lisensi AGPLv3.

Tutorial Cara Install Hydra di Ubuntu

Hydra memiliki kelebihan dibandingkan tool cracking password yang lain seperti Medusa, Fang dan Ncrack. Ini karena hydra mampu melakukan cracking password lebih cepat dan bisa melakukan cracking terhadap banyak protokol, berikut adalah protokol-protokol yang bisa dicrack dengan tool hydra.

Asterisk, AFP, Cisco AAA, Cisco auth, Cisco enable, CVS, Firebird, FTP, HTTP-FORM-GET, HTTP-FORM-POST, HTTP-GET, HTTP-HEAD, HTTP-POST, HTTP-PROXY, HTTPS-FORM-GET, HTTPS-FORM-POST, HTTPS-GET, HTTPS-HEAD, HTTPS-POST, HTTP-Proxy, ICQ, IMAP, IRC, LDAP, MEMCACHED, MONGODB, MS-SQL, MYSQL, NCP, NNTP, Oracle Listener, Oracle SID, Oracle, PC-Anywhere, PCNFS, POP3, POSTGRES, Radmin, RDP, Rexec, Rlogin, Rsh, RTSP, SAP/R3, SIP, SMB, SMTP, SMTP Enum, SNMP v1+v2+v3, SOCKS5, SSH (v1 and v2), SSHKEY, Subversion, Teamspeak (TS2), Telnet, VMware-Auth, VNC and XMPP.

Metode yang dipakai oleh hydra yaitu brute force. Brute force sendiri merupakan teknik dimana attacker mengcrack password dengan cara melakukan percobaan login sebanyak mungkin sampai akhirnya menemukan kombinasi username dan password yang tepat.

Kalau kamu menggunakan distro linux khusus untuk pentest seperti Kali Linux, Backbox atau Parrot Security, maka tool hydra ini sudah include di dalamnya tanpa harus kamu install secara manual. Namun jika pakai distro linux biasa kamu harus menginstalnya secara manual.


Cara Install Hydra di Ubuntu

Di artikel ini saya akan jelaskan langkah-langkah cara install hydra di Ubuntu dengan perintah apt-get dan juga compile langsung dari source codenya yang kita download dari laman github.

Cara install hydra melalui source code

Untuk menginstall hydra langsung melalui source code, kamu harus menginstall dependensinya terlebih dahulu. Dependensi sendiri adalah file pendukung yang dibutuhkan oleh sistem agar suatu program dapat dijalankan.

Buka konsol terminal, kemudian paste perintah di bawah ini. 

sudo apt-get install git make libssl-dev libssh-dev libidn11-dev libpcre3-dev libgtk2.0-dev libmysqlclient-dev libpq-dev libsvn-dev firebird-dev libmemcached-dev libgpg-error-dev libgcrypt11-dev libgcrypt20-dev

Download source code hydra dari github dengan git clone.

$ git clone https://github.com/vanhauser-thc/thc-hydra.git

Tunggu sampai selesai, jika sudah, masuk ke direktori hydra.

$ cd thc-hydra/

Install hydra dengan menjalankan perintah berikut satu-persatu.

$ ./configure
$ make
$ make install

Untuk menjalankannya kamu tinggal ketik perintah berikut.

$ ./hydra
Tutorial Cara Install THC Hydra di Ubuntu
Kalau lebih suka hydra versi GUI, kamu juga bisa menginstall hydra-gtk, silahkan jalankan perintah ini.

$ cd hydra-gtk && sh ./make_xhydra.sh
$ cd -

Kemudian jalankan hydra versi GUI dengan mengeksekusi file xhydra.

$ ./xhydra

Tutorial Cara Install THC Hydra di Ubuntu

Cara install hydra melalui source code

Selain compile langsung melalui source code yang didownload dari github, kamu juga bisa menginstall hydra dengan apt-get, kebetulan tool hydra ini sudah tersedia di repositori ubuntu, jadi tinggal jalankan perintah ini aja.

$ sudo apt-get install hydra hydra-gtk

Nah begitulah langkah-langkah cara install hydra di ubuntu, di tutorial selanjutnya saya akan bahas bagaimana melakukan cracking password (brute force) dengan tool hydra. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search