Perbedaan Bandwidth Internet dan Kuota Internet

- 2/23/2020
Perbedaan Bandwidth Internet dan Kuota Internet - Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian banyak orang, baik untuk sekedar keparluan chatting, mengakses sosial media, belanja online, maupun untuk keperluan bisnis.
Image source : pixabay
Berbicara mengenai internet, ada dua istilah yang sangat penting untuk diketahui, yaitu Bandwidth dan Kuota Internet, dua istilah ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, buat kamu yang belum tahu apa perbedaan keduanya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini sampai selesai ya.

Apa Perbedaan Bandwidth dan Kuota Internet?

Menurut Wikipedia,bandwidth is the maximum rate of data transfer across a given path”. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, bandwidth adalah maksimum transfer data yang melewati jalur yang diberikan, masih bingung? Oke mari kita sederhanakan.

Bandwidth (Bahasa Indonesia : Lebar Pita), adalah satuan pengukur kecepatan akses internet, besaran bandwidth ini akan kita dapatkan jika kita berlangganan internet ke provider internet (ISP) seperti Telkom Indihome, Neuviz, Biznet, CBN dan lain-lain.

Besaran bandwidth yang akan kita dapatkan tergantung dari paket layanan yang kita beli, misalnya kita berlangganan paket 10 Mbps (Megabit per second), maka kecepatan akses internet kita akan dibatasi oleh ISP tempat kita berlangganan sebesar 10 Mbps, jika ternyata traffic penggunaan internet kita sudah mencapai 10 Mbps, maka konsekuensinya koneksi kita akan terasa lemot, bukan karena kecepatan internet kita dikurangi oleh provider, tapi karena bandwidth kita sudah penuh.

Bandwidth ini bisa dianalogikan sebagai sebuah jalan, sedangkan data, bisa dianalogikan sebagai pengguna jalan (pengendara), misalnya terdapat sebuah jalan dengan lebar 5 meter, jika pengendara yang lewat jumlahnya sedikit, maka setiap pengendara bisa memacu kendaraannya dengan cepat, namun jika terjadi kemacetan, maka semua pengendara hanya bisa memacu kendarannya masing-masing dengan sangat pelan.

Namun jika kita berlangganan internet kabel / wireless ke provider internet (ISP) seperti yang sudah disebutkan di atas, maka hanya bandwidth atau kecepatannya saja yang dibatasi, sedangankan kuota internetnya biasanya akan diberikan secara unlimited / tanpa batas, meskipun ada juga beberapa provider internet yang menerapkan mekanisme FUP (Fair Usage Policy), yaitu mekanisme yang memungkinkan kecepatan internet (bandwidth) akan diturunkan sekian persen jika penggunaan internet sudah mencapai batas kuota tertentu. 

Sedangkan, Kuota Internet adalah batas atau limit penggunaan akses internet, kuota internet ini akan kita dapatkan jika kita berlangganan paket internet ke provider GSM menggunakan kartu prabayar maupun pascabayar. Misalnya kita memiliki kartu GSM Indosat IM3, kemudian kita membeli paket internet dengan kuota 5 GB (Giga Byte) yang berlaku selama 1 bulan, berarti kita bisa menikmati akses internet selama satu bulan dengan maksimal kuota 5 GB, jika di hari ke-25 ternyata kuota 5 GB yang kita miliki sudah habis, maka kita tidak bisa lagi mengakses internet.

Lalu apa bedanya paket internet yang dijual berdasarkan besaran bandwidth dan berdasarkan kuota? Perbedaannya adalah, jika kita berlangganan ke provider internet (ISP) seperti Indihome, Neuviz, Biznet, CBN dan sejenisnya, maka paket internet yang akan kita dapatkan akan dibatasi berdasarkan kecepatan (bandwidth), sedangkan kuotanya unlimited / tanpa batas.

Namun jika kita berlangganan paket internet ke provider GSM seperti Telkomsel, Kartu AS, Indosat IM3, XL dan Axis, maka paket internet kita akan dibatasi berdasarkan kuota, namun untuk kecepatannya (bandwidth) tidak dibatasi / unlimited.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, bisa disimpulkan bahwa : Bandwidth adalah batasan kecepatan akses internet, misalnya 512Kbps (Kilo bit per second), 10 Mbps (Mega bit per second).

Sedangkan Kuota adalah batasan atau limit penggunaan internet yang bisa digunakan, misalnya kuota internet 5 GB (Giga Byte per second) yang berlaku selama satu bulan.

Itulah perbedaan antara bandwidth dan kuota internet, hal ini penting kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlangganan internet, kamu harus mengetahui apakah paket internet yang kamu dapatkan nantinya akan dibatasi berdasarkan kuota atau berdasarkan kecepatan (bandwidth).

Demikian artikel kali ini, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kamu bisa memahami perbedaan antara bandwidth dan kuota internet, jika ada yang belum jelas silahkan tanyakan di kolom komentar, terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search