Tutorial Cara Install Winbox di Linux

Tutorial Cara Install Winbox di Linux Tanpa Wine - Winbox adalah software utility yang digunakan untuk keperluan remote Router Mikrotik dengan mode GUI (Graphical User Interface), aplikasi winbox ini sangat bermanfaat sekali untuk memudahkan kita dalam mengkonfigurasi router, karena dengan winbox kita tidak perlu repot-repot ngonfig router mikrotik dengan command line.

Cara Install Winbox di GNU/Linux

Sebetulnya mikrotik sendiri belum menyediakan aplikasi winbox khusus linux, jadi aplikasi winbox for linux yang selama ini dikenal khusus untuk OS linux adalah winbox.exe yang sudah dibundle dengan wine dan dijadikan ekstensi .deb, sehingga kita bisa menginstalnya di linux tanpa harus menginstall wine emulatornya dulu secara manual dan terpisah.

Tapi karena berekstensi .deb maka aplikasi winbox for linux ini hanya bisa diinstall di OS Linux Debian & Ubuntu beserta turunannya saja, untuk menginstalnya silahkan download winbox for linux disini.

Kalau sudah berhasil didownload silahkan buka terminal, kemudian masuk ke direktori tempat dimana file yang sudah didownload tadi berada, biasanya di direktori Downloads.

$ cd Downloads/
Selanjutnya install aplikasi dengan dpkg, ketikkan perintah berikut untuk menginstalnya.

$ sudo dpkg -i winbox4lin.deb
$ sudo apt-get install -f
Tunggu sampai selesai, karena disini saya menggunakan Distro linux backbox dengan desktop xfce4, cara membuka aplikasi winboxnya yaitu klik Applications Menu > Other > Winbox, bisa juga dengan membukanya langsung dari terminal dengan mengetikkan perintah winbox.
Tutorial Cara Install Winbox di Linux
Gambar di atas adalah screenshoot winbox yang sudah berhasil diinstall di laptop saya dengan distro linux backbox.

Salah satu kelebihan dari mikrotik adalah adanya software utility winbox yang secara khusus dibuat untuk keperluan konfigurasi semua perangkat mikrotik baik itu routerboard, radio wireless, maupun switch. Sehingga proses konfigurasi perangkat-perangkat mikrotik menjadi lebih mudah.

Namun ada satu hal yang sangat disayangkan, yaitu pihak mikrotik sampai sekarang masih belum merilis software utility winbox khusus untuk pengguna linux secara resmi, padahal tidak sedikit pengguna router mikrotik yang menggunakan linux sebagai OS di komputernya, menurut saya pribadi ini sesuatu yang aneh mengingat RouterOS yang dikembangkan oleh pihak mikrotik sendiri menggunakan kernel dari linux.

Demikian langkah-langkah cara install winbox di GNU/Linux. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search