Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200

- 1/29/2015
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200 - Linksys E1200 merupakan salah satu produk wireless router entri level yang banyak cukup banyak digunakan, router wifi ini memiliki design yang simple tanpa antena external dan cocok untuk penggunaan SOHO (Small Office Home Office), harganya pun cukup terjangkau. Kamu bisa membelinya di marketplace online dengan harga kurang dari IDR 500K.

Dari segi spesifikasi, router ini bukan router wifi yang terbaik di range harga tersebut karena masih banyak router wifi yang memiliki spesifikasi dan performa yang lebih baik namun harganya lebih murah. Balik lagi, sesuai judul artikel, kali ini saya akan membagikan tutorial cara konfigurasi router wifi linksys e1200.

Baca juga :
Cara setting router cisco linksys smart wifi
Cara blok akses internet client dengan MAC Filter di router Linksys E1200

Pada dasarnya, semua jenis router wifi cara mengkonfigurasinya hampir sama, hanya saja user interfacenya yang berbeda. Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah cara konfigurasi salah satu router wifi dari keluarga Linksys yaitu Linksys E1200.

Cara Setting Router Wifi Cisco Linksys E1200

Untuk mengkonfigurasi router wifi Linksys E1200, pertama kamu harus menghubungkan laptop ke router menggunakan kabel UTP, kemudian setting IP di laptop menjadi DHCP. Jika sudah mendapatkan IP DHCP, silahkan akses IP 192.168.1.1 (IP default Linksys) melalui browser.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, centang opsi "I understand that network is currently ...", lalu klik tombol Continue.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman login router, ketik username dan password admin lalu klik Login untuk masuk ke halaman konfigurasi.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Jika sudah masuk ke halaman konfigurasi, pada bagian Internet Connection Type pilih opsi Static IP, lalu isikan alamat IP, Subnet Mask, Default Gateway dan juga DNS yang diberikan oleh ISP, setelah itu klik tombol Save Setting.

Oh ya, pada menu Setup ini, selain bisa melakukan konfigurasi untuk WAN, kamu juga bisa mengubah konfigurasi IP untuk jaringan lokal dan juga range IP DHCP yang akan diberikan ke client.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Selanjutnya klik tab Wireless, di menu ini kita bisa melakukan konfigurasi  seperti mengubah SSID (nama wifi), channel width, dan mengatur channel wifi agar jaringan wifi tidak mengalami interferensi.

Jangan lupa klik tombol Save Settings jika sudah selesai.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Untuk keamanan, SSID harus diproteksi menggunakan password agar tidak sembarangan orang bisa konek ke jaringan wifi, caranya klik sub menu Wireless Security, lalu masukkan password yang kamu inginkan pada kolom Passphrase.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Langkah berikutnya yaitu mengatur firewall pada router, Linksys dilengkapi dengan firewall sederhana, fitur yang disediakan pada firewall router ini yaitu kemampuan untuk blocking ICMP Packet seperti PING dan Traceroute.

Caranya klik tab Security, lalu aktifkan SPI Firewall Protection dengan mengklik tombol Enabled untuk mengaktifkan dan klik Disabled untuk menonaktifkan.
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Terakhir klik menu Administration, di menu ini kita bisa mengubah password untuk login ke router (bagian 1). Mengaktifkan remote management agar router bisa diakses dari luar jaringan (bagian 2). Serta menentukan dari alamat IP mana dan port berapa saja router ini bisa diakses (bagian 3).
Tutorial Cara Setting Router WiFi Linksys E1200
Sekarang router Linksys sudah berhasil dikonfigurasi dan device kamu sudah bisa akses internet menggunakan sambungan wifi melalui router Linksys E1200. Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga artikel menarik lain-nya :
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search