Cara Speedtest di Linux Melalui Terminal

- 8/22/2015

Tutorial Cara Speedtest via Terminal di Linux - Speedtest adalah sebuah metode untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan akses internet yang kita miliki, baik itu download maupun upload, sebetulnya speedtest tidak bisa dijadikan patokan mutlak untuk tolak ukur kecepatan internet karena masih banyak faktor lain yang bisa dijadikan tolak ukur kecepatan internet kita, salah satunya dipengaruhi juga oleh seberapa besar latency atau ping time.

Ya, ping time akan menunjukan berapa lama waktu yang dibutuhkan dari device kita ke server yang dituju dengan satuan milisecond (ms), ping time dan speedtest memiliki keterkaitan satu sama lain dimana semakin kecil latency dari device kita ke server yang dituju, maka hasil speedtest akan semakin baik pula.
Cara Speedtest di Linux Melalui Terminal
Speedtest juga sering menjadi rujukan bagi setiap pengguna internet di seluruh dunia untuk mengetahui besaran bandwidth yang dimilikinya, untuk melakukan speedtest cukup dengan mengeceknya di situs www.speedtest.net, lalu bagaimana jika kondisi internet kita sangat lambat bahkan untuk me-reload laman speedtest.net saja tidak bisa, padahal kita ingin mengetahui kecepatan akses internet?

Jika kamu pengguna GNU/Linux, maka kamu bisa melakukan speedtest untuk mengetahui kecepatan koneksi internet hanya dengan console terminal (tanpa harus membuka web browser). Namun sebelumnya kamu harus menginstall speedtest-cli-nya dulu, silahkan ikuti panduan instalasinya di bawah ini.

Cara Install Speedtest-cli di Terminal Linux

Pertama install dulu python-pip, yaitu sebuah tool untuk manajemen python package, buka terminal lalu ketikan perintah berikut.

$ sudo apt-get install python-pip 

Kemudian install speedtest-cli menggunakan python-pip.

$ sudo pip install speedtest-cli

Selesai, sekarang speedtest-cli sudah berhasil diinstall, kamu bisa melakukan speedtest menggunakan speedtest-cli dengan mengetikan perintah berikut.

$ speedtest-cli
Cara Speedtest di Linux Melalui Terminal
Untuk test speed internet dan share URL hasil speedtestnya seperti contoh ini, ketikan perintah berikut.

$ speedtest --share

Untuk menampilkan perintah atau opsi lain ketikan.

$ speedtest -h

Selesai sudah tutorial kali ini, selain kita tidak perlu membuka web browser dan me-reload laman speedtest.net, penggunaan speedtest-cli dari terminal linux juga akan memberikan pengalaman tersendiri bagi kita sebagai linux user, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search