Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti

- 8/19/2015

Cara Crack Country Compliance Test di Radio Ubiquiti - Apa itu Compliance Test? Compliance Test adalah pilihan country pada firmware radio ubiquiti versi XM-v5.5.6 ke bawah, keuntungan memilih country compliance test yaitu kita bisa menggunakan semua channel frekuensi yang ada pada radio ubiquiti sehingga memudahkan kita untuk menentukan frekuensi yang cocok.
Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti
Namun karena alasan regulasi penggunaan frekuensi yang ada di Indonesia yang terbatas, akhirnya untuk airOS versi XM-v5.5.8 ke atas sudah tidak dimunculkan lagi pilihan country compliance test ini, sehingga kita harus memilih country Indonesia yang jumlah frekuensinya sangat sedikit.

For Your Information :
Artikel ini merupakan artikel yang dimigrasi dari blog www.dodiventuraz.net, yang sebelumnya sudah tayang di blog tersebut. Namun karena suatu alasan, terpaksa saya migrasi ke blog www.tutorialjaringan.com. 

Kekurangan Tidak Menggunakan Compliance Test

Untuk versi airOS XM-v5.5.8 ke atas, ubiquiti sudah tidak menampilkan lagi pilihan country compliance test ketika kita men-setup radio ubiquiti yang akan kita gunakan, ini dikarenakan setiap negara di dunia memiliki regulasi atau aturan yang mengatur penggunaan frekuensi radio sehingga kita tidak bisa sembarangan menggunakan frekuensi wireless radio.

Sebetulnya regulasi yang dibuat oleh pemerintah bertujuan baik yaitu untuk mengurangi penyalahgunaan frekuensi, tapi bagi sebagian pegiat dan pengusaha WISP (Wireless ISP) maupun pengusaha RT/RW Net, tentu dengan tidak adanya opsi compliance test ini akan menyulitkan ketika link radio mengalami interferensi, ini karena tidak bisa lagi leluasa tunning-tunning radio dengan frekuensi di luar frekuensi yang sudah ditetapkan (region : Indonesia).

Terus gimana solusinya? Solusinya kita bisa melakukan sedikit trik agar radio ubiquiti bisa menampilkan opsi country compliance test.

Cara Menampilkan Compliance Test Pada Radio Ubiquiti


Untuk melakukan cracking country compliance test pada radio ubiquiti, langkah pertama pastikan radio sudah terhubung ke laptop dan IP di laptop sudah diset secara statik seperti contoh gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti
Kemudian remote radio melalui SSH dengan PuTTY, kalau belum punya silahkan download PuTTY lalu install, kemudian kalau PuTTY sudah terbuka silahkan masukan alamat IP radionya (192.168.1.20) pada kolom Host Name (or IP address), portnya masukan 22 (port default SSH), lalu klik tombol Open.
Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti
Masukan username "ubnt" dan password "ubnt" tanpa tanda petik.

Untuk memunculkan Compliance Test pada firmware ubiquiti versi XM-v5.5.8, gunakan perintah berikut :
echo “radartool cactime 1000″ > /etc/persistent/rc.poststart
echo “echo ‘
Atau dengan perintah ini :
\n’ >> /etc/ccodes.inc” >> /etc/persistent/rc.poststart
chmod +x /etc/persistent/rc.poststart
cfgmtd -w -p /etc/
reboot
Tapi kalau kamu menggunakan firmware versi XM-v5.5.10 ke atas, silahkan gunakan perintah di bawah ini :
touch /etc/persistent/ct
save
reboot
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh pada gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti
Kalau sudah selesai maka radio akan reboot, silahkan tunggu beberapa saat, kalau sudah nyala kembali, kamu bisa mengakses IP radionya melalui browser.

Sekarang coba cek lagi, kalau tidak ada kesalahan harusnya pilihan compliance test sudah muncul pada bagian country seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Compliance Test di Firmware Radio Ubiquiti
Sampai tahap ini kita sudah berhasil memunculkan pilihan country compliance test agar kita bisa menggunakan semua frekuensi yang tersedia.

Demikian tutorial pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Tutorial Cara Setting Radio AirGrid M5 HP Mode Station

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search