Cara Setting Radio Ubiquiti Sebagai Mode Router

- 10/20/2015
Cara Setting Radio Ubiquiti Sebagai Mode Router - Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tutorial cara setting radio airgrid m5hp, nah artikel kali ini bisa dibilang merupakan lanjutan dari artikel tersebut, kalau biasanya kita setting radio wireless hanya sebagai access point, repeater dan station saja, yang notabenenya hanya bisa digunakan sebagai media koneksi untuk mendistribusikan jaringan internet saja.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan langkah-langkah cara setting radio ubiquity menjadi mode router, maksudnya adalah radio wireless yang terpasang sebagai station dan menangkap sinyal dari Acess Point, bisa berfungsi juga sebagai router yang nantinya akan mendistribusikan IP DHCP ke user yang ada di jaringan lokal.

Saya asumsikan kamu sudah mengerti cara setting radio wireless ubiquiti, kalau belum, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara Konfigurasi Radio Wireless Ubiquiti AirGrid M5HP, di artikel ini saya menggunakan radio PowerBeam M5HP, tapi kamu gak perlu kuatir karena cara konfigurasinya sama saja.

Cara Setting Radio Ubiquiti Menjadi Router

Langsung saja, untuk cara setting nya silahkan masuk ke halaman konfigurasi radio dengan mengakses default IP 192.168.1.20 atau bisa juga dengan mengakses IP yang sudah kamu sesuaikan, kalau sudah masuk ke halaman konfigurasi silahkan klik tab Network dan isikan parameter berikut. 

  • Network Mode : Router 
  • WAN Interface : WLAN0 
  • IP address : 172.20.1.175 
  • Netmask : 255.255.252.0 
  • Gateway IP : 172.20.0.1 
  • Primary DNS I : 203.128.x.x 
  • Secondary DNS IP : 103.30.x.x 
  • NAT : Enable 
  • NAT Protocol : Select all

Para parameter IP Address, Netmask, Gateway IP dan DNS di atas harus disesuaikan dengan konfigurasi IP pada jaringan kamu.
Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router
Kalau sudah selesai mengkonfigurasi IP address WAN, sebaiknya jangan dulu klik tombol Change karena kita harus mengkonfigurasi IP Address, Netmask, dan DHCP Server untuk user yang ada di jaringan lokal, silahkan isi parameter berikut untuk jaringan lokalnya. 

  • IP address : 192.168.200.1 
  • Netmask : 255.255.255.0 
  • DHCP Server : Enable 
  • Range Start : 192.168.200.10 
  • Range End : 192.168.200.254 
  • Netmask : 255.255.255.0 
  • DNS Proxy : Enable

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router
Kalau sudah selesai mengkonfigurasi IP address untuk WAN dan juga untuk LAN, silahkan klik tombol Change dan klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan konfigurasi.
Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router
Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai, sekarang coba kamu setting pengaturan IP address di komputer dengan opsi DHCP atau automatic IP, jika tidak ada kesalahan konfigurasi maka komputer kamu akan mendapatkan alamat IP secara otomatis seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router
Setelah komputer mendapatkan IP address dari radio wireless yang sudah kita setup sebagai mode router, coba test koneksi dengan melakukan test ping ke IP gateway, klik Start > Run > ketik CMD (OS windows), atau buka konsol terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T kalau kamu menggunakan sistem operasi GNU/Linux.
Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router
Output dari perintah PING yang saya coba seperti gambar di atas mengindikasikan bahwa komputer saya sudah berhasil terkoneksi dengan baik ke gateway, dengan begitu maka komputer saya juga sudah berhasil terkoneksi ke jaringan internet.

Untuk memastikannya coba lakukan test ping ke situs-situs di internet, kalau hasilnya muncul pesan reply from berarti komputer sudah terhubung ke internet dengan baik.

Baca juga :
Cara upgrade firmware radio ubiquiti
Cara menjalankan ubnt discovery di Linux 

Sampai tahap ini kita sudah berhasil mengkonfigurasi radio wireless menjadi mode router, silahkan dicoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search