Cara Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Linux

- 10/06/2015
Cara Install LinSSID Wireless Analyzer di Linux - LinSSID adalah tool wireless scanner yang bisa diinstall di sistem operasi berbasis GNU/Linux, khususnya Ubuntu, Linuxmint dan distro turunannya seperti Linux Backbox, Elementary OS dan masih banyak lagi. Tool wireless scanner ini sangat mudah digunakan karena berbasis GUI dan bisa menampilkan informasi dari SSID wifi yang discan dengan lengkap.
Cara Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Linux

Fungsi LinSSID

Fungsi dari software ini yaitu untuk mengetahui frequency, channel, mac address, mode, signal, dan chipper atau jenis otentikasi dari semua SSID yang ada di lingkungan kita. Software ini bisa kita gunakan untuk optimalisasi jaringan wifi, ini karena biasanya semakin banyak signal wifi di lingkungan kita maka semakin besar pula potensi jaringan wifi kita mengalami interferensi, sehingga dengan menggunakan software wireless scanner ini kita bisa mengetahui frequency dan channel yang digunakan oleh SSID wifi lain agar tidak mengalami interferensi dengan SSID wifi kita.

Cara Kerja LinSSID

Cara kerja LinSSID ini cukup simple, sama halnya seperti software wireless scanner / wireless analyzer yang lain, kita cukup membukanya saja kemudian lakukan proses scanning, nanti LinSSID akan menampilkan seluruh informasi mengenai SSID wifi yang ada di area sekitar.

Informasi yang ditampilkan yaitu mulai dari nama wifi (SSID), MAC address AP, Channel, Frekuensi, jenis otentikasi, dan jenis enkripsi yang digunakan. Selain itu, akan ditampilkan juga channel yang digunakan oleh seluruh access point yang berhasil discan dalam bentuk grafik.

Cara Install LinSSID di Linux

Saat ini LinSSID sudah tersedia di repositori Ubuntu, jadi buat kamu yang memakai distro linux ubuntu beserta turunannya bisa menginstal LinSSID dengan mudah, pertama lakukan update repositori dulu.

$ sudo apt-get update

Kemudian cek apakah LinSSID sudah tersedia di repositori atau belum? Seharusnya sudah tersedia, tapi tidak ada salahnya kamu pastikan dulu dengan mengetikkan perintah berikut.

$ sudo apt-cache search linssid

Jika ternyata sudah tersedia, silahkan lakukan instalasi, kamu bisa menginstalnya dengan mengetikkan perintah berikut ini.

$ sudo apt-get install linssid

Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Tapi gimana kalau LinSSID belum tersedia di repositori ubuntu yang saya gunakan? Berarti kamu harus menambahkan repositori pihak ketiga, jalankan perintah berikut di terminal.

$ sudo add-apt-repository ppa:wseverin/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install linssid

Jika sudah berhasil diinstall, sekarang jalankan LinSSIDnya, jika diminta memasukkan password, silahkan kamu masukkan password root seperti ini.
Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS
Kemudian klik tombol scanning dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Cara Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Linux
Dari gambar di atas bisa dilihat channel yang digunakan oleh masing-masing SSID, dengan bantuan LinSSID ini kita bisa mengetahui channel wifi yang kita gunakan mengalami interferensi dengan channel wifi yang lain atau tidak.

Kesimpulan

Dari contoh gambar di atas ketika kita menjalankan LinSSID Graphical Wirelesss Tool Scanner maka kita bisa mengetahui informasi berupa SSID (nama wifi), MAC address dari AP yang memancarkan SSID, Channel yang digunakan, Mode, Privacy, Cipher, Frequency dan lain-lain.

Software ini sangat bermanfaat karena merupakan salah satu software yang biasa saya pakai ketika proses troubleshooting jaringan wifi.

Jadi kalau kamu mengalami masalah koneksi internet tidak stabil, wifi lemot, saya sarankan coba discan menggunakan software ini karena dikhawatirkan jaringan wifi kamu mengalami interferensi dengan jaringan wifi orang lain.

Demikian tutorial cara install LinSSID wireless scanner di Linux. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search