Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti

- 9/29/2015
Ada seorang teman yang pernah bertanya, gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquiti? bagi sebagian orang yang memang punya basic di jaringan apalagi punya usaha RT/RW Net atau kerja di ISP mungkin sudah tidak asing lagi dengan konfigurasi radio ubiquiti, termasuk cara upgrade firmware radio produk ubiquiti. Ini karena radio wireless ubiquiti banyak digunakan oleh WISP (Wireless ISP) maupun RT/RW Net.

Kenapa Firmware Radio Harus Diupgrade?

Alasan melakukan upgrade firmware radio yaitu karena biasanya radio yang dipakai cukup lama akan mengalami penurunan performa yg menyebabkan kualitas koneksinya kurang optimal.

Dengan upgrade firmware ini sedikit banyaknya akan memberikan efek yang baik terutama dalam hal performa, selain itu pada versi-versi airOS yg terbaru tentunya ada patch bug, perbaikan fitur dan bahkan penambahan fitur yang sangat berguna. Sebagai contoh, pada airOS versi 6.x yang terbaru saat ini ada penambahan fitur seperti informasi penggunaan CPU Load dan Memory Usage di menu main, meskipun simpel, tapi fitur tersebut saya rasa sangat berguna untuk memantau penggunaan resource pada radio.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti

Dikarenakan melalukan upgrade firmware cukup penting untuk mengoptimalkan performa radio dan juga perbaikan bug yang ada, oleh karena itulah saya posting artikel ini, artikel ini ditujukan untuk kamu yang sedikitnya sudah pernah melakukan konfigurasi radio ubiquiti, atau kalau belum tahu caranya silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara konfigurasi radio wireless ubiquiti AirGrid M5HP.

Untuk mengupgrade firmware radio ubiquiti ada 2 cara, yaitu upgrade secara manual dan upgrade secara otomatis.

1. Cara Upgrade Radio Ubiquiti Secara Manual

Pertama kita akan belajar melakukan upgrade firmware radio secara manual, silahkan kamu login dulu dengan mengakses default IP 192.168.1.20 pada URL bar browser, atau jika kamu sudah mengubah default IPnya silahkan akses IP tersebut.

Catatan :
Firmware radio ubiquiti memiliki 2 jenis, yaitu XM dan XW, kamu harus memperhatikan jenis firmware apa yang dipakai di radio kamu, kemudian download firmwarenya di https://www.ui.com/download, silahkan disesuaikan dengan dengan jenis firmware yang dipakai saat ini.

Kalau sudah berhasil login, silahkan klik tab System > klik tombol Browse seperti contoh pada gambar berikut ini.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Lalu cari firmware yang sudah kamu download sebelumnya, disini saya akan mengupgrade firmware radio saya dari versi XW.v6.1.4 ke versi XW.v6.1.8, jika sudah ketemu klik tombol Open.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Upload firmwarenya dengan cara mengklik tombol Upload.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Jika sudah diupload, sekarang klik tombol Update untuk menginstall firmware versi baru.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Tunggu beberapa menit sampai proses update firmware ini selesai, jangan matikan perangkat agar proses update berjalan dengan baik dan tidak terjadi kerusakan pada perangkat.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Kalau proses update / upgrade sudah selesai, maka radio kamu akan restart otomatis, jika sudah selesai coba kamu login kembali ke dalam radio lalu cek apakah versi airOSnya sudah berhasil diperbarui atau belum.

2. Cara Upgrade Radio Ubiquiti Secara Otomatis

Selain upgrade firmware radio secara manual, kita juga bisa upgrade secara otomatis, dengan upgrade otomatis ini maka radio akan mendownload firmware versi paling mutakhir (terbaru),  jadi kita gak perlu download firmwarenya dulu secara manual dan terpisah. Lebih simple memang, tapi upgrade secara otomatis ini kekurangannya yaitu kita tidak bisa menentukan firmware versi berapa yang akan diinstall.

Untuk melakukan upgrade firmware pada radio ubiquiti secara otomatis, kamu cukup mengklik tombol Check Now saja pada menu System seperti gambar di bawah ini.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Kemudian akan muncul semacam jendela pop-up di pojok kanan bawah seperti ini, klik tombol Update untuk mendownload firmwarenya.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Setelah itu akan muncul pop-up EULA (End User License Agreement), kalau males baca langsung saja klik tombol Agree.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Lalu klik tombol Update untuk memulai proses update firmwarenya.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Tunggu beberapa menit sampai proses update / upgrade selesai, jangan matikan perangkat agar proses update berjalan dengan baik dan tidak terjadi kerusakan pada perangkat radio.
Tutorial Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquiti
Begitulah langkah-langkah cara melakukan upgrade firmware radio ubiquiti baik secara manual maupun secara otomatis.
Meskipun upgrade firmware secara manual bisa dibilang cukup ribet, tapi dengan cara tersebut kamu juga bisa melakukan downgrade versi firmware, prosedurnya sama seperti kamu melakukan upgrade, tapi nanti yang harus kamu upload adalah firmware versi sebelumnya.
Cukup sekian untuk tutorial kali ini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat, terimakasih.
Baca juga artikel menarik lainnya :

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search