Cara Setting IP Address di GNU/Linux via Terminal

Cara Setting IP Address di Linux via Terminal - Masih seputar tutorial di GNU/Linux, kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara konfigurasi IP address di GNU/Linux dengan menggunakan command line melalui terminal, kenapa harus pakai command line bukankah sudah ada network manager yang bisa mempermudah kita mengkonfigurasi IP address? Betul, kalau kamu menggunakan linux versi desktop memang lebih mudah karena sudah dilengkapi dengan desktop environment yang user friendly.

Namun, kemampuan mengkonfigurasi IP address menggunakan command line sangat penting jika kamu berurusan dengan server, ini dikarenakan komputer dengan sistem operasi linux server biasanya tidak memiliki tampilan GUI, sehingga semua konfigurasi harus dilakukan melalui konsol terminal dengan mengetikkan baris-baris perintah tertentu.
Cara Setting IP Address di GNU/Linux via Terminal

Cara Konfigurasi IP di Linux Melalui Terminal

Mengkonfigurasi IP address di GNU/Linux menggunakan command line pada console terminal biasanya dilakukan apabila kita menginstall linux server untuk kebutuhan seperti proxy server, SMTP server, DNS server, NMS dan lain-lain. Dimana sistem operasi linux server yang diinstall tidak dilengkapi dengan desktop environment yang berbasis GUI.

Untuk mengkonfigurasi IP address static di GNU/Linux, kamu harus mengedit file interface yang ada di directory /etc/network menggunakan teks editor nano atau vim.

$ sudo nano /etc/network/interfaces
Kalau filenya sudah terbuka, silahkan tambahkan IP address, netmask, network, broadcast & gateway sesuai pengalamatan IP di jaringan kamu.

# The primary network interface
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.200.15
netmask 255.255.255.0
network 192.168.200.0
broadcast 192.168.200.255
gateway 192.168.200.1

Untuk interface eth0 silahkan sesuaikan dengan nama interface di komputer kamu, cek dengan perintah ifconfig. Jika sudah selesai silahkan tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan konfigurasi.
Cara Setting IP Address di GNU/Linux via Terminal
Agar bisa terhubung ke internet tentunya kita harus menambahkan DNS (Domain Name System) resolver, edit file /etc/resolv.conf dengan teks editor nano.

$ sudo nano /etc/resolv.conf

Kemudian tambahkan primary dan secondary DNS seperti gambar di bawah ini.
Cara Setting IP Address di GNU/Linux via Terminal
Kemudian tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan, kalau konfigurasi IP address dan DNS sudah selesai, selanjutnya lakukan restart service network manager dengan perintah berikut.

$ sudo /etc/init.d/network-manager restart
Sekarang coba kamu test koneksi dengan melakukan ping baik ke gateway maupun ke situs-situs di internet, kalau konfigurasinya sudah berhasil maka hasilnya akan reply dan linux server yang kamu konfigurasi sudah bisa terhubung baik ke local network maupun ke internet.

Demikian tutorial cara setting IP address di Linux melalui terminal, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search