Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik - Downgrade routeros mikrotik dilakukan apabila versi routeros terbaru memiliki kekurangan atau performance router jadi tidak maksimal setelah diupgrade ke routeros versi terbaru, atau kamu merasa tidak nyaman dan kurang familiar dengan routeros terbaru, maka kamu bisa mengambil opsi untuk mendowngrade routeros ke versi yang lebih lama.
Cara Downgrade RouterOS Mikrotik
Sebelum mendowngrade versi routeros, kamu harus download modul routerosnya terlebih dulu di link berikut https://mikrotik.com/download/archive, kamu juga harus memastikan bahwa modul routeros yang didownload sudah sesuai dengan arsitektur processor yang digunakan oleh router. Untuk arsitektur processornya sendiri ada beberapa pilihan diantaranya yaitu : mipsbe, mipsle, smips, ppc/powerpc, x86 dan tile.

Sedangkan untuk mengetahui jenis arsitektur processor yang digunakan pada router, caranya tinggal dilihat pada bagian atas winbox ketika me-remote router mikrotiknya, atau bisa juga melihatnya di menu System ~> Resources untuk melihat resource router secara detail dan lengkap.

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Setelah mengetahui jenis arsitektur yang digunakan oleh router, silahkan download versi routeros yang diinginkan dengan meng-klik link yang sudah saya kasih di atas.
Cara Downgrade RouterOS Mikrotik
Kamu harus men-download routeros combined package, apa itu combined package? combined package adalah paket routeros dengan file ber-esktensi (dot)npk. Contohnya adalah : routeros-mipsbe-6.34.5.npk seperti contoh gambar di atas.

Apabila modul routeros sudah didonwload, sekarang kita harus meng-uploadnya ke router, caranya tinggal drag and drop saja modul routerosnya dari windows explorer ke menu Files pada winbox kalau kamu menggunakan sistem operasi windows.

Sedangkan kalau kamu pengguna sistem operasi selain windows, linux misalnya, maka kamu harus menggunakan FTP Client untuk meng-upload modul routerosnya, bisa menggunakan FileZilla atau FTP Client lainnya, setelah berhasil diupload silahkan lihat pada menu Files di winbox.

Hasilnya akan terlihat seperti ini :
Cara Downgrade RouterOS Mikrotik
Pada contoh ini saya men-downgrade routeros dari versi 6.38.5 ke routeros versi 6.34.5, kalau sudah terlihat di menu Files berarti modul routeros sudah berhasil diupload, untuk menginstalnya cukup mudah.

Silahkan klik menu System ~> Packages pada winbox kemudian klik tombol Downgrade seperti gambar di bawah, tunggu beberapa saat sampai router reboot sendiri.
Cara Downgrade RouterOS Mikrotik
Kalau router sudah selesai reboot silahkan login kembali ke router via winbox, untuk memastikan apakah modul routeros sudah berhasil diinstall atau belum? Silahkan klik menu System ~> Packages, disini kita bisa melihat versi routeros sudah berhasil didowngrade. 

Kesimpulan

Saya sarankan apabila jaringan kamu sudah stabil dengan menggunakan versi routeros tertentu, sebaiknya dipertahankan saja untuk menggunakan versi routeros tersebut dikarenakan setiap versi memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi jangan sering upgrade dan downgrade versi router.

Baca juga : Cara upgrade routeros mikrotik

Demikian tutorial cara downgrade versi routeros pada mikrotik, semoga apa yang disampaikan melalui artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search