Cara Upgrade RouterOS Mikrotik

- 3/24/2017
Tutorial Cara Upgrade RouterOS Mikrotik - Sesuai janji saya pada postingan sebelumnya, maka pada kesempatan kali ini saya akan share tutorial cara upgrade routeros mikrotik, upgrade versi os adalah sesuatu yang lumrah pada sebuah sistem operasi karena setiap sistem operasi biasanya akan merilis update versi secara berkala, sama halnya dengan sistem operasi desktop seperti windows, linux, maupun mac os, routeros pun selalu merilis versi terbaru secara berkala.
Cara Upgrade RouterOS Mikrotik
Baca juga : Cara downgrade routeros mikrotik

Sebetulnya semua versi routeros memiliki fungsi dan fitur yang sama, dengan adanya rilis atau update versi routeros, mikrotik terus menambahkan fitur baru untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas router, pada setiap versi routeros yang dirilis mikrotik selalu menyertakan changelog, changelog dari setiap versi routeros yang sudah dirilis bisa kamu lihat disini Mikrotik Changelog, atau ketika mendownload versi routeros terbaru.

Untuk upgrade versi routeros ini ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu upgrade versi routeros secara manual dan upgrade secara otomatis.

Cara Upgrade RouterOS Secara Manual

Untuk upgrade routeros secara manual tentunya kita harus download modul routeros nya DISINI, silahkan download versi routeros yang sesuai dengan architecture router yang kamu pakai, untuk mengetahui jenis architecturenya klik menu System ~> Resources, kalau sudah tahu jenis architecturenya sekarang kamu download modul routeros yang berekstensi (dot)npk. Misalnya, routeros-mipsbe-6.36.4.npk.

Pada contoh tutorial ini saya menggunakan RB951ui-2HnD dengan architecture mipsbe, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.
Download routeros mikrotik
Setelah didownload, kamu harus meng-uploadnya ke router mikrotik, caranya? Kamu tinggal drag and drop modul routerosnya dari windows explorer ke menu Files di winbox, kalau sudah berhasil diupload silahkan cek di menu Files dan hasilnya akan terlihat seperti ini.
Cara Upgrade RouterOS Mikrotik
Lakukan reboot router dengan mengklik menu System ~> Reboot atau ketikkan perintah /system reboot agar modul routeros yang baru bisa diinstall oleh router, kalau ingin memastikan routeros sudah berhasil diupgrade atau belum bisa dilihat  pada menu System ~> Resources. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
Cara Upgrade RouterOS Mikrotik

Cara Upgrade RouterOS Secara Otomatis

Apabila kamu tidak mau repot-repot upgrade routeros secara manual, router mikrotik sudah menyediakan kemudahan yaitu berupa fitur yang memungkinkan kita melakukan upgrade routeros secara otomatis.

Kelebihannya tentu saja dengan melakukan upgrade secara otomatis ini akan menghemat waktu. Namun berbeda dengan cara manual, apabila kamu meng-upgrade routeros secara otomatis maka kamau tidak bisa menentukan versi routerosnya sendiri, ini karena router akan mencari secara otomatis versi yang paling baru

Caranya klik menu System ~> Packages, kemudian klik menu Check for Updates seperti contoh pada gambar dibawah.
Cara Upgrade RouterOS Mikrotik
Nanti akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah, router akan memberitahukan versi yang saat ini sudah ter-install dan juga versi terbaru yang akan diinstall yang disertai dengan changelog, dengan adanya changelog ini kamu bisa mengetahui perubahan ataupun penambahan fitur yang ada pada versi baru tersebut.

Kalau sudah klik tombol Download & Install, tunggu beberapa saat sampai router selesai mendownload routerosnya, kalau sudah selesai proses downloadnya maka router akan reboot secara otomatis.
Cara Upgrade RouterOS Mikrotik
Sampai disini routeros sudah berhasil diupgrade ke versi terbaru, untuk memastikannya silahkan login ke router via winbox kemudian klik menu System ~> Resources atau bisa juga dilihat di bagian atas pada winbox.
 
Nah itulah langkah-langkah cara upgrade versi routeros pada router mikrotik. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar, terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search