Tutorial Cara Enable dan Disable Package di RouterOS Mikrotik

- 3/25/2017
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik - Package (bahasa indonesia disebut paket) adalah fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik, semua paket yang ada pada routeros mikrotik bisa kita aktifkan (enable) dan non-aktifkan (disable), bahkan setiap paket bisa di install maupun diuninstall. 

Untuk melihat daftar package atau paket yang ada pada router mikrotik silahkan cek dengan cara klik menu System ~> Packages atau dengan mengetikkan perintah /system package print di New Terminal mikrotik.
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik
Dari output yang ditampilkan di atas bisa dilihat bahwa ada 10 package yang terinstall di router mikrotik, salah satu package yaitu ipv6 dalam keadaan disable atau dinonaktifkan. Kita bisa meng-enable dan mendisable package yang ada sesuai kebutuhan. Contoh, saya ingin mengaktifkan fitur ipv6 karena akan saya pakai di router, maka saya bisa mengaktifkannya agar bisa digunakan.

Untuk meng-enable dan mendisable package di router mikrotik bisa dilakukan baik melalui winbox maupun command line via terminal mikrotik, berikut langkah-langkah cara enable dan disable package pada router mikrotik.

Cara Enable Package Mikrotik via Winbox

Karena alasan kemudahan kita bisa meng-enable maupun disable package via winbox, pada tutorial ini saya mencontohkan bagaimana meng-enable dan mendisable package ipv6 pada router mikrotik.

Pertama, login ke router mikrotik via winbox dengan cara mengakses IP address router menggunakan winbox, kemudian klik menu System ~> Packages dan akan terlihat seperti gambar di bawah.

Package yang sedang dalam kondisi disable biasanya akan terlihat blur, untuk meng-enablenya silahkan klik package tersebut kemudian klik tombol Enable. Setelah mengklik tombol Enable maka akan muncul pesan scheduled for enable, ini berarti router sudah menjadwalkan untuk meng-enable package tersebut setelah router direboot.
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik
Agar package yang sudah dijadwalkan untuk dienable bisa eksekusi oleh router mikrotik, silahkan reboot router dengan cara klik menu System ~> Reboot atau ketikkan perintah /system reboot pada terminal mikrotik.

Untuk memastikan package sudah berhasil dienable atau belum? Silahkan login kembali ke router mikrotik, karena pada contoh tutorial ini saya meng-enable package ipv6 maka secara otomatis akan muncul di menu sebelah kiri winbox seperti gambar di bawah.
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Cara Disable Package Mikrotik via Winbox

Apabila kamu ingin mendisable package karena alasan tidak dipakai misalnya, caranya cukup mudah, tinggal login ke router mikrotik kemudian klik menu System ~> Packages, selanjutnya klik package yang akan dinonaktifkan, lalu klik tombol Disable.

Sama seperti ketika meng-enable package, ketika proses mendisable pun akan muncul pesan yaitu scheduled for disable yang mengharuskan kamu me-reboot router agar package berhasil dinonaktifkan oleh router.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik
Selanjutnya lakukan reboot router dengan cara klik menu System ~> Reboot atau dengan mengetikkan perintah /system reboot di New Terminal mikrotik. Apabila router sudah selesai direboot maka packagenya akan didisable oleh router.

Untuk memastikan package tersebut sudah berhasil didisable, masuk ke menu System ~> Packages, kalau terlihat seperti gambar di bawah berarti package sudah berhasil didisable.
Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Cara Enable Disable Package Mikrotik via Terminal

Kalau kamu lebih suka mengkonfigurasi router mikrotik via command line atau terminal, silahkan ketikkan perintah dibawah ini untuk enable dan disable package mikrotik.

Command untuk enable package mikrotik.

/system package enable ipv6; system reboot

Command untuk disable package mikrotik

/system package disable ipv6; system reboot

Kesimpulan

Dengan menggunakan command line untuk enable dan disable package seperti di atas menurut saya jauh lebih efisien waktu, karena hanya tinggal mengetikkan baris perintah saja maka router akan langsung meng-enable / disable package tanpa harus klak klik mouse.

Baca juga : Tutorial cara install dan uninstall package pada routeros mikrotik

Demikian langkah-langkah cara enable dan disable package pada routeros mikrotik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search