Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik

Tutorial Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik - Pada routeros mikrotik terdapat package (bahasa indonesia disebut paket) atau modul yang sudah terinstall secara otomatis seperti package dhcp, hotspot, ppp, mpls, security, system dan wireless. Dengan adanya package-package tersebut memungkinkan kita bisa menggunakan semua fitur yang terdapat pada routeros mikrotik.

Namun ternyata ada juga package yang secara default belum terinstall pada routeros mikrotik, contohnya user-manager, sehingga apabila kita ingin menggunakan fitur user-manager pada router mikrotik, maka kita harus menginstalnya terlebih dulu.
Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik
Pada tutorial kali ini saya akan membahas materi mengenai cara install dan uninstall package pada router mikrotik, tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang membahas cara enable dan disable package pada router mikrotik, kamu bisa membacanya melalui link dibawah ini.


Cara Install Package Pada Router Mikrotik

Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstall package user-manager pada router mikrotik, router mikrotik yang saya pakai adalah tipe RB951Ui-2HnD dengan versi routeros 6.38.5 (stable)

Pertama, kamu harus men-download packagenya DISINI, pilih versi package yang sesuai dengan versi routeros yang ada pada router. Package user-manager pada routeros mikrotik masuk ke dalam Extra packages, jadi kamu harus download yang extra packages.
Download package router mikrotik
Packages yang sudah kamu download memiliki ekstensi .zip sehingga harus di ekstrak dulu agar berbentuk folder biasa, selanjutnya upload package yang akan di install ke menu Files mikrotik dengan cara drag and drop atau menggunakan FTP Client.

Package yang sudah berhasil diupload akan muncul pada menu Files mikrotik seperti gambar di bawah ini.
Upload package yang akan di install kedalam router
Untuk menginstalnya cukup mudah yaitu hanya dengan me-reboot router dengan cara klik menu System ~> Reboot kemudian kalau muncul kotak dialog Do you want to reboot the router? pilih saja Yes.

Package yang berhasil diinstall oleh router akan hilang dari menu Files, untuk memastikan package sudah berhasil diinstall atau belum? Kamu bisa cek dengan cara klik menu System ~> Packages, apabila sudah berhasil maka akan terlihat seperti gambar di bawah.
Package yang sudah berhasil di install
Atau kalau masih belum yakin package user-managernya sudah berhasil diinstall atau belum? Kamu bisa mengakses IPnya via web browser dengan format http://IP_address/userman seperti ini.
Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik

Cara Uninstall Package Pada Router Mikrotik

Apabila sebuah package pada router sudah tidak dipakai atau tidak dibutuhkan lagi, sebaiknya diuninstall saja agar penggunaan resource pada router bisa berkurang. 

Untuk menguninstall sebuah package tentunya berbeda dengan cara menginstall package dimana kalau kamu hendak menginstall package, maka harus mendownload package yang diperlukan kemudian diupload ke dalam router.

Untuk uninstall package pada routeros mikrotik caranya klik menu System ~> Packages kemudian pilih package yang akan diuninstall (pada tutorial ini yaitu user-manager) lalu klik tombol Uninstall seperti contoh gambar di bawah.
Cara uninstall package pada router mikrotik
Setelah mengklik tombol Uninstall maka akan muncul pesan scheduled for uninstall, ini berarti package tersebut sudah dijadwalkan oleh router untuk di uninstall, lakukan reboot agar package tersebut bisa diuninstall oleh router dengan cara mengetikkan perintah /system reboot pada terminal mikrotik.

Kalau router mikrotik sudah hidup lagi silahkan login kembali menggunakan winbox, kemudian cek pada Package List, kalau berhasil diuninstall oleh router maka packagenya akan hilang pada package list.

Baca juga :

Demikian langkah-langkah cara install dan uninstall package pada mikrotik, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search