Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04

LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) adalah kumpulan software open source yang biasa diinstall pada server untuk meng-host suatu website maupun menjalankan aplikasi berbasis web. Setiap komponen software pada LAMP memiliki fungsi tersendiri yang saling berkaitan.

Apache berfungsi sebagai web server, MySQL sebagai database management system (DBMS) sedangkan PHP bertugas untuk memproses konten secara dinamis.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Website

Jadi, kalau kamu ingin membangun sebuah website atau aplikasi berbasis web pada sistem operasi linux. Maka, LAMP adalah komponen penting yang wajib di install, pada artikel kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana melakukan instalasi LAMP di Ubuntu 16.04 LTS.

Tutorial Cara Install LAMP Stack di Linux Ubuntu

1. Install Apache2

Apache2, merupakan web server yang cukup populer di dunia, apache2 dapat dijalankan di banyak operating system seperti Unix, BSD, Linux, Ms Windows, Novel Netware dan masih banyak lagi. Apache2 berguna untuk melayani dan memfungsikan sebuah situs atau website. Protokol yang digunakan oleh apache2 adalah HTTP yaitu sebuah protocol yang berjalan pada port 80 yang digunakan untuk menghubungkan client dengan web server yang ada di Internet.

Untuk menginstall apache2 pada ubuntu caranya cukup mudah, dikarenakan apache2 sudah tersedia di repository ubuntu maka kita bisa menginstalnya menggunakan perintah apt-get.

dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install apache2

Tunggu sampai proses instalasi selesai, apabila sudah selesai, untuk mengetes apakah apache2 sudah berjalan pada server atau belum? Silahkan buka web browser kemudian ketikkan http://localhost atau http://ip-address pada URL bar.
Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04
Apabila muncul halaman Apache2 Ubuntu Default Page seperti tampilan diatas, berarti apache2 sudah berhasil di install dan sudah running.

2. Install Database MySQL

MySQL, adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat open source dan sangat populer di dunia. Database MySQL mendukung fitur seperti multithreaded serta multi-user, MySQL sendiri merupakan DBMS (Database Management System) yang berfungsi untuk menyimpan semua data pada database dan cukup mudah digunakan.

Kamu bisa menginstall MySQL menggunakan package manager apt-get, jalankan perintah berikut di konsol terminal untuk menginstalnya.
 
dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install mysql-server

Pada saat proses instalasi, kamu akan diminta menginput password root untuk login ke MySQL, pastikan kamu mengisi kolom password dengan benar karena password ini yang nantinya akan digunakan untuk login ke MySQL.

Untuk login ke MySQL gunakan perintah berikut.

dodi@ubuntu:~$ sudo mysql -u root -p

Lalu masukkan password root yang sudah disetup pada saat proses instalasi sebelumnya.

3. Install PHP 7.0

Setelah menginstall Apache2 dan database MySQL, langkah selanjutnya kamu harus menginstall PHP.

PHP, adalah komponen pada LAMP yang berfungsi sebagai pemroses kode pemrograman web untuk menampilkan konten secara dinamis. PHP bertugas mengkoneksikan skrip dengan database MySQL, mengolah data pada database MySQL kemudian menampilkannya sesuai request dari user.

Untuk menginstall PHP 7.0 pada Ubuntu 16.04 ketikkan perintah berikut pada console terminal.
dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install php7.0 php-pear libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-cgi php7.0-xml
Untuk menguji apakah PHP 7.0 sudah berjalan atau belum, kamu bisa mengujinya dengan membuat halaman PHP Info di direktori /var/www/html.
dodi@ubuntu:~$ sudo nano /var/www/html/info.php

Kemudian isi dengan script berikut pada file info.php.

<?php
phpinfo()
?>

Buka web browser kemudian ketikkan http://localhost/info.php atau http://ip_address/info.php pada URL bar browser, apabila PHP sudah berjalan di server kamu, maka akan muncul tampilan seperti berikut.
Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04
Sampai disini konfigurasi LAMP Server pada Ubuntu 16.04 sudah selesai, kamu sudah bisa menaruh script web yang akan di host pada server, umumnya script web ditaruh di direktori /var/www/html agar bisa diakses dari public.

Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search