Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu

- 8/10/2017
Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu -  The Dude adalah software utility yang dibuat oleh MikroTik untuk keperluan network monitoring, dengan aplikasi ini kita bisa memonitoring network yang kita kelola dengan sangat mudah.
Dengan The Dude, selain bisa memonitoring jaringan yang kita kelola, juga berguna untuk pemetaan topologi pada jaringan, dari sekian banyak tool network monitoring, The Dude merupakan salah satu tool network monitoring yang cukup banyak digunakan.
Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu
Sebagai salah satu tool network monitoring yang cukup populer tentu saja The Dude memiliki kelebihan tersendiri, kelebihan The Dude adalah sebagai berikut :

  • The Dude adalah aplikasi / tool network monitoring yang gratis.
  • Dapat dengan mudah diinstall dan dikonfigurasi.
  • Adanya fitur Discovery yang dapat memudahkan untuk melakukan scanning topologi jaringan secara otomatis.
  • Bisa digunakan untuk me-remote perangkat secara langsung.
  • Support protokol SNMP, ICMP, DNS dan TCP monitoring.
  • Mendukung type brand perangkat berbeda, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya aplikasi The Dude belum support multi platform dan hanya mampu berjalan di atas sistem operasi berbasis Windows saja. 

Apabila kita hendak menginstalnya pada sistem operasi berbasis GNU/Linux, maka kita harus menginstall software emulator Wine terlebih dulu.

Meskipun begitu, aplikasi The Dude yang running menggunakan Wine pada sistem operasi berbasis GNU/Linux tetap dapat berjalan normal tanpa ada kendala.

Baca juga :

Cara Install The Dude di Debian dan Ubuntu

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara menginstall aplikasi network monitoring The Dude pada sistem operasi Linux Ubuntu, tutorial ini juga berlaku bagi kamu pengguna distro linux Debian, Ubuntu, Linux mint beserta turunannya.

Tahap instalasi :
  1. Install Microsoft TrueType Core Fonts
  2. Install wine emulator
  3. Install The Dude

Untuk menginstall aplikasi The Dude cukup mudah, pertama silahkan buka console terminal kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall Microsoft TrueType Core Fonts dan juga Wine emulator.

$ sudo apt-get install wine msttcorefonts
$ cp /usr/share/fonts/truetype/msttcorefonts/* ~/.wine/drive_c/windows/Fonts/
Pada tutorial ini saya menginstall aplikasi The Dude versi 4.0beta3, versi ini merupakan versi lama, namun kelebihannya adalah bisa diinstall pada semua PC atau Server, sekaligus dapat digunakan sebagai Server maupun Client.

Silahkan download dulu file instalernya yang sudah saya upload di google drive.
Setelah didownload silahkan masuk ke directory tempat hasil download tersebut berada, biasa nya berada di directory ~/Downloads, ketikkan perintah berikut.

$ cd ~/Downloads

Kemudian jalankan installernya dengan wine emulator.

$ wine dude-install-4.0beta3.exe

Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini, klik I Agree untuk menyetujui semua persyaratan (end user license agreeement).
Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu
Disini kita bisa memilih fitur atau  komponen apa saja yang akan di install pada The Dude, berikut adalah komponen yang bisa di install pada The Dude :

  • Reset Configuration, harus di centang jika kamu mengupgrade The Dude ke versi terbaru.
  • The Dude Client (penting), dengan The Dude Client memungkinkan kamu bisa terkoneksi ke Dude Server.
  • The Dude Server, adalah komponen yang harus diinstall jika ingin membuat maps atau topologi dan ingin me-monitor semua perangkat pada jaringan yang ada.
  • Start Menu Shortcuts, untuk memudahkan ketika membuka aplikasi The Dude karena hanya tinggal mengklik shortcut iconnya saja.

Silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu
Secara default folder hasil instalasi The Dude akan disimpan di folder C:\Program Files (x86)\Dude, kemudian klik Install untuk melanjutkan proses installasi.
Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu
Setelah itu tunggu sampai proses installasi selesai, proses installasi biasanya tidak memerlukan waktu yang lama.

Menjalankan The Dude di Linux

Pada beberapa desktop environment (DE) seperti KDE, Fluxbox, Unity dan GNOME biasanya icon Dude sudah tersedia begitu kita selesai menginstalnya, dengan begitu kita akan lebih mudah untuk membuka aplikasi The Dude tanpa harus mengetikkan command line.

Namun pada desktop lain seperti DE Budgie yang saya pakai di Ubuntu saya, icon The Dude tidak muncul pada menu, sehingga harus dijalankan melalui command line.

Ketikkan perintah seperti ini untuk menjalankan aplikasi The Dude menggunakan command line dari console terminal.

$ wine ~/.wine/drive_c/Program\ Files\ \(x86\)/Dude/dude.exe

Apabila jendela aplikasi The Dude sudah terbuka, berarti proses installasi The Dude berjalan dengan baik dan siap digunakan untuk keperluan network monitoring dan juga membuat maps atau topologi network dengan aplikasi The Dude.

Demikian Tutorial cara menginstall the dude di linux ubuntu, mohon maaf apabila ada penjelasan yang susah dimengerti, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini melalui akun sosial media kamu, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search