Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Cara install cacti server di ubuntu 16.04 LTS - Cacti adalah tool network monitoring system (NMS) open source dan berbasis web yang dirancang sebagai aplikasi front-end dari RRDTool yang berfungsi untuk menyimpan informasi ke dalam database MySQL kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik.

Dengan cacti, kita bisa memonitoring semua resource pada perangkat jaringan baik itu server, router, switch maupun perangkat network lainnya. Umumnya cacti digunakan untuk memonitoring CPU load, memory usage dan juga penggunaan bandwidth yang ada pada jaringan.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Image source : www.pixabay.com

Cacti menggunakan protocol SNMP (simple network management protocol) untuk mengambil dan mengumpulkan informasi tersebut kemudian menyimpannya kedalam databse MySQL, setelah itu semua informasi yang sudah dikumpulkan akan ditampilkan pada web browser menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Jadi, sebelum menginstall cacti, pastikan bahwa paket LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP) sudah terinstall, panduan mengenai cara instalasi dan konfigurasi LAMP Stack pada Ubuntu Server 16.04 LTS sudah saya posting, kamu bisa membacanya dengan mengklik tautan berikut.

Baca : Tutorial cara install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04

Pada tutorial tersebut saya sudah menjelaskan secara rinci panduan instalasi dan juga konfigurasi LAMP Stack satu-persatu. Namun, kalau kamu kebetulan adalah orang dengan typical yang gak mau ribet, jangan kuatir, karena LAMP Stack juga dapat diinstall secara bersamaan.

Prasyarat Sebelum Instalasi Cacti

Untuk menginstal NMS Cacti, ada beberapa package yang harus diinstall agar cacti dapat berfungsi dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • LAMP Server
  • SNMP, SNMPD dan RRDTool

Tahap Installasi Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah mengetahui package apa saja yang harus diinstall, sekarang saatnya kita lanjut ke tahap instalasi cacti pada linux ubuntu server 16.04 LTS.

Pertama dan yang paling utama, install paket LAMP Server, ketikkan perintah berikut di terminal untuk menginstall apache2, database mysql dan juga php.

$ sudo apt-get install apache2 mysql-server php libapache2-mod-php

Ketika proses instalasi paket LAMP, kamu akan diminta untuk menginput password root untuk MySQL Server, silahkan input password sesuai dengan keinginan kamu, pastikan kamu tidak asal-asalan ketika menginput passwordnya dikarenakan password tersebut yang akan digunakan untuk login ke MySQL.

Berikutnya install SNMP, SNMPD dan juga RRDTool, ketikkan perintah berikut.

$ sudo apt-get install snmp snmpd rrdtool

Terakhir, install cacti dan cacti-spine, jalankan perintah berikut.

$ sudo apt-get install cacti cacti-spine

Ketika proses installasi cacti, akan ada pertanyaan untuk memilih webserver apa yang akan digunakan seperti pada gambar di bawah, pilih apache2 kemudian OK untuk melanjutkan.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Kalau muncul pertanyaan berikut pilih saja Yes, dengan memilih opsi Yes maka cacti akan otomatis membuat databasenya sendiri pada MySQL Server tanpa harus dikonfigurasi secara manual.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Pada kolom MySQL application password for cacti seperti gambar di bawah, isi dengan password root MySQL yang sudah kamu buat sebelumnya.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Setelah itu akan muncul kotak dialog lagi untuk mengkonfirmasi password yang sudah diinput sebelumnya.

Proses installasi cacti sudah selesai, sebelum mengkonfigurasinya kita harus merestart service snmpd dengan perintah berikut.

$ sudo /etc/init.d/snmpd restart

Buka web browser, kemudian ketikkan http://ip_address/cacti atau http://domain.com/cacti pada URL bar browser, kemudian akan muncul tampilan Cacti Installation Guide seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol Next untuk menlanjutkan.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Secara default installation typenya akan diarahkan ke opsi New Install, dikarenakan kali ini kita ingin menginstall cacti, maka installation typenya biarkan saja, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Pada tahap ini, cacti akan memberitahukan apakah semua package pendukung sudah terinstall dengan baik atau belum, kalau sudah klik tombol Finish.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Setelah mengklik tombol Finish pada tahap sebelumnya, kamu akan diarahkan ke halaman login cacti, masukkan default username dan password admin/admin, setelah itu akan muncul halaman login lagi seperti di bawah ini yang mengharuskan kamu mengubah password adminnya.

Silahkan input sesuai dengan password yang diinginkan, kalau sudah klik tombol Save untuk login ke dashboard cacti.
Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setup Poller Spine Pada Cacti

Setelah berhasil login ke dashboard cacti, kamu harus mensetup spine, apa itu spine? Spine adalah poller alternatif untuk cacti, secara default cacti akan menggunakan cmd.php sebagai pollernya, lalu apa bedanya dengan spine?

Baik cmd.php maupun spine adalah sama-sama poller yang bisa digunakan pada NMS Cacti, yang membedakan keduanya adalah, dengan spine proses polling data menjadi lebih cepet, poller spine ini ditulis menggunakan bahasa C dan ditautkan langsung ke dalam library net-snmp, sehingga dengan begitu akan meminimalkan waktu proses polling data pada cacti.

Untuk men-setupnya, setelah berhasil login ke dashboard cacti, klik menu Settings kemudian klik tab Poller, kemudian pada opsi Poller Type silahkan pilih Spine, lalu klik tombol Save untuk menyimpan.

Proses Installasi dan Konfigurasi Cacti di Ubuntu Server 16.04 LTS sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa menggunakan NMS Cacti untuk keperluan network monitoring baik itu untuk memonitor penggunaan CPU load, memory usage maupu traffic bandwidth yang ada pada jaringan.

Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara memonitor sebuah host pada cacti dan juga menambahkan template host pada cacti.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Source references :
https://www.cacti.net/what_is_cacti.php
http://beni-santoso.blogspot.co.id/2008/06/menggunakan-poller-cactid-atau-spine.html


Advertisement
 

Start typing and press Enter to search