Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

- 9/07/2017
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti - Cacti adalah salah satu tool network monitoring system (NMS) yang powerfull, cacti juga cukup populer dikalangan para IT Network Engineer / Network Administrator untuk keperluan monitoring semua infrastruktur IT yang ada. 

Dengan cacti, kita bisa memonitoring semua perangkat yang ada baik itu router, switch, server maupun perangkat lainnya, selain banyak perangkat yang dapat dimonitoring, cacti juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi.

Kenapa saya katakan Cacti menawarkan fleksibilitas yang tinggi? ini dikarenakan cacti didukung dengan banyaknya fitur berupa plugins yang dapat kita install, beberapa plugins yang umum digunakan diantaranya adalah plugins monitor, mikrotik, thold, dan setting.

Sebetulnya masih banyak plugins lain yang bisa diinstall, namun pada tutorial ini saya hanya akan memberikan contoh cara menambahkan atau menginstall keempat plugins tersebut saja, untuk plugins yang lain cara instalnya sama saja kok.

Cara Menambahkan Plugins Pada Cacti

Cacti yang saya install adalah cacti version 0.8.8b yang berjalan di atas Ubuntu Server 16.04 LTS, jadi kalau kamu menginstall cacti pada operating system yang lain mungkin saja tutorial ini perlu disesuaikan.

Sebelum menginstall atau menambahkan plugins pada cacti, pastikan kamu sudah menginstall NMS Cactinya, panduan mengenai instalasi Cacti pada linux ubuntu bisa kamu baca di tautan berikut.

Baca : Tutorial cara install cacti di ubuntu server 16.04 LTS

Untuk menginstall plugins cacti pada linux ubuntu server pastikan kamu sudah login ke server baik itu menggunakan PuTTY ataupun aplikasi SSH Client lainnya.

Kemudian install wget untuk mendownload pluginsnya melalui terminal.

$ sudo apt-get install wget

Download plugins yang diperlukan, pada tutorial ini kita akan mencoba menginstall plugins monitor, mikrotik, thold dan juga plugins setting.

$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:mikrotik_v1.0.tar.gz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:settings-v0.71-1.tgz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:thold-v0.5.0.tgz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:monitor-v1.3-1.tgz

Setelah berhasil didownload satu-persatu, sebaiknya kita rename telebih dulu agar tidak terjadi error ketika diekstrak melalui console terminal.

$ mv plugin\:mikrotik_v1.0.tar.gz mikrotik_v1.0.tar.gz
$ mv plugin\:monitor-v1.3-1.tgz monitor-v1.3-1.tgz
$ mv plugin\:settings-v0.71-1.tgz settings-v0.71-1.tgz
$ mv plugin\:thold-v0.5.0.tgz thold-v0.5.0.tgz

Kemudian ekstrak dengan perintah berikut.

$ tar xzf mikrotik_v1.0.tar.gz
$ tar xzf monitor-v1.3-1.tgz
$ tar xzf settings-v0.71-1.tgz
$ tar xzf thold-v0.5.0.tgz

Setelah diekstrak, pindahkan folder plugins ke diriktori /usr/share/cacti/site/plugins dengan perintah berikut.

$ sudo mv mikrotik/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv monitor/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv settings/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv thold/ /usr/share/cacti/site/plugins

Login ke dashboard cacti, kemudian klik menu Plugin Management, semua plugins yang sudah diupload ke direktori /cacti/site/plugins akan muncul seperti gambar di bawah.

Kemudian klik tombol Install Plugin berwarna biru untuk menginstall pluginsnya.
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti
Setelah diinstall maka akan muncul tombol Enable Plugin berwarna hijau seperti gambar di bawah, klik tombol tersebut untuk mengaktifkan pluginsnya.
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti
Apabila semua plugins sudah dienable, maka akan muncul tab baru yaitu tab monitor, mtik (mikrotik) dan juga thold. Sedangkan untuk plugins setting, kamu bisa menemukannya di menu Settings pada dashboard cacti.
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti
Kemudian lakukan setup agar plugins yang sudah diinstall dapat menampilkan Icon Legend dengan cara klik menu Settings ~> tab Misc, centang pada opsi Show Icon Legend kemudian klik tombol Save seperti gambar di bawah.
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti
Cara Install Plugin Pada NMS Cacti
Selesai, sampai disini plugins pada cacti pun sudah berhasil diinstall dan bisa digunakan untuk mengoptimalkan NMS Cacti untuk keperluan monitoring.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Demikian tutorial cara install plugins di NMS Cacti, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search