Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik

- 2/15/2018
Cara setting email dan kirim email di router mikrotik - Mikrotik merupakan router yang handal dan multifungsi, di dalamnya terdapat cukup banyak sekali fitur yang bisa digunakan baik untuk keperluan konfigurasi, troubleshoot maupun untuk keperluan monitoring.

Salah satu fitur yang cukup bermanfaat yaitu email, router mikrotik bisa dikonfigurasi agar mengirimkan email baik untuk keperluan backup konfigurasi router secara berkala, self-monitoring dengan watchdog, maupun monitoring host lain dengan netwatch.
Untuk itu kita perlu melakukan konfigurasi email pada router agar router dapat mengirimkan notifikasi melalui email sesuai dengan keperluan yang kita inginkan.

Fitur email pada router mikrotik bisa dibilang cukup lengkap dan bisa diandalkan, karena kita bisa leluasa untuk menentukan dari alamat mana dan ke alamat mana pesan email tersebut akan dikirimkan, selain itu email yang dikirimkan juga bisa dilengkapi dengan attachment.

Setting Email di Router Mikrotik

Pada tutorial kali ini saya menggunakan akun email dari Gmail sebagai pengirim dan akan dikirimkan ke akun email Yahoo untuk membuktikan bahwa router mikrotik dapat mengirimkan email lintas platform.

Pertama, siapkan akun Gmail (username dan password) yang akan kita gunakan untuk mengirimkan email dari router mikrotik.

Oh ya, apabila kita mengirimkan email dengan akun gmail melalui router mikrotik, maka secara otomatis akan diblok oleh google, ini karena kita login ke akun gmail bukan melalui platform resmi milik google (Gmail) melainkan melalui router mikrotik, hal itu akan dianggap tidak aman oleh google sehingga akan diblok.

Untuk itu kita perlu melakukan sedikit pengaturan untuk mengijinkan agar akun Gmail bisa login dari perangkat / aplikasi lain selain platform Gmail, caranya klik tautan dibawah ini.
https://myaccount.google.com/lesssecureapps

Lalu aktifkan tombol Izinkan aplikasi yang kurang aman, seperti contoh gambar dibawah. Namun sebelumnya kamu harus membaca baik-baik peringatan dan juga resiko yang mungkin saja terjadi akibat dari mengaktifkan pengaturan ini.
Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik
Kalau sudah, sekarang kita bisa mengkonfigurasi akun Gmail pada router mikrotik, klik menu Tools ~> Email lalu lakukan konfigurasi seperti ini.

  • Server : 74.125.200.109 
  • Port : 587
  • Start TLS : Yes
  • From : Nama Pengirim
  • User : email_sobat@gmail.com
  • Password : password_gmailsobat

IP address 74.125.200.109 adalah alamat IP dari smtp.gmail.com, sedangkan 587 adalah port SMTP yang digunakan dengan STARTTLS sebagai enkripsinya. Kemudian klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi.
Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik


Cara Mengirim Email Dari Router Mikrotik

Pengaturan email di router mikrotik sudah selesai, sekarang kita test untuk memastikan apakah router sudah bisa mengirimkan email atau belum? Caranya klik tombol Send Email seperti contoh gambar diatas, setelah itu akan muncul jendela seperti gambar dibawah.

  • TLS : Centang
  • To : email_tujuan@yahoo.com
  • Subject : Test kirim email
  • Body : Email dikirim dari router mikrotik 

Klik tombol Send Email untuk mengirimkan email ke alamat email tujuan.
Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik
Kita juga bisa mengirimkan email dengan melampirkan attachment, caranya klik kolom Files lalu browse dan pilih file apa yang akan dilampirkan.

Setelah mengklik tombol Send Email silahkan cek inbox, apabila ada pesan email masuk seperti ini berarti konfigurasi email pada router sudah berjalan dengan baik dan sesuai harapan.
Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik
Sampai disini sebetulnya pengaturan email pada router mikrotik sudah selesai, dengan begitu tool email sudah bisa dikombinasikan dengan tool lain seperti scheduler, watchdog maupun netwatch. Tutorialnya sendiri sudah saya posting dan bisa kamu pelajari dengan mengklik tautan di bawah.

Demikian tutorial cara konfigurasi email di router mikrotik. Agar tidak ketinggalan tutorial menarik lainnya silahkan berlangganan dengan cara memasukkan alamat email kamu pada kolom Subscribe dibawah artikel ini, kami akan mengirimkan notifikasi melalui surel secara otomatis apabila ada artikel / tutorial baru yang diposting di blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search