Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 Menggunakan Qemu

Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 Menggunakan Qemu - Sesuai janji saya pada postingan sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara menginstall atau lebih tepatnya menambahkan router mikrotik CHR di GNS3 via qemu, tujuannya agar kita bisa belajar mengkonfigurasi router mikrotik secara virtual (tidak menggunakan perangkat asli) melalui software network simulator GNS3.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu

Apa Itu Mikrotik CHR ?

Mikrotik CHR (Cloud Hosted Router) adalah sebuah file image routeros dari mikrotik yang dapat dijalankan pada aplikasi virtual machine (VM), seperti VMWare, VirtualBox, KVM, dan Qemu secara gratis tanpa batasan level lisensi alias Free License.

Dengan adanya Cloud Hosted Router (CHR) maka kita bisa menjalankan routeros mikrotik pada virtual machine secara gratis dengan fitur yang lengkap. Sebelum adanya mikrotik CHR, kita harus menggunakan routeros x86 yang hanya memiliki lisensi level 0 / versi trial yang artinya hanya bisa digunakan selama 24 jam saja, adapun kalau kita ingin menggunakannya lebih lama maka harus membeli lisensi atau mencari jalan pintas yaitu dengan cara cracking.

Nah disitulah keunggulan Mikrotik CHR, kita bisa memanfaatkannya untuk keperluan belajar melalui virtual machine tanpa harus membeli lisensi, selain memiliki kelebihan, Mikrotik CHR juga tentu saja memiliki kekurangan yaitu traffic yang bisa dilewatkan pada masing-masing interface router hanya sebesar 1 Mbit saja, namun hal itu sebetulnya bukan masalah karena kita hanya memakainya untuk keperluan simulasi yang tidak terlalu membutuhkan bandwidth yang besar.

Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 Menggunakan Qemu 

Saya rasa kamu sudah bisa memahami apa itu mikrotik CHR dan juga fungisnya, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menginstall mikrotik CHR pada qemu dan mengintegrasikannya dengan GNS3, sebelum mulai, pastikan kamu sudah menginstall GNS3, untuk tutorialnya sudah saya posting beberapa waktu lalu diblog ini (Baca : Tutorial cara install GNS3 di Ubuntu)

Di artikel tersebut saya menginstall GNS3 melalui repositori PPA lalu menginstalnya dengan perintah apt-get, sehingga komponen pendukung seperti qemu sudah otomatis terinstall, lanjutt ..

1. Download Image Mikrotik CHR
Sebelum menginstall mikrotik CHR, kamu harus mendownloadnya dulu disini (Download Mikrotik CHR), lalu ekstrak file image berekstensi .zip yang sudah didownload tadi. 

2. Buat Virtual Machine Qemu Untuk Mikrotik CHR
Kemudian buka software GNS3, klik menu Edit -> Preferences, klik Qemu VMs -> klik tombol New untuk menambahkan router mikrotik CHR di GNS3. Pada kolom Name, isi deskripsi sesuai dengan keinginan kamu, misalnya saya beri nama "Mikrotik", lalu klik Next.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
3. Tentukan RAM Untuk Mikrotik CHR 
Disini kita bisa menentukan alokasi RAM yang akan dipakai, sebaiknya jangan mengalokasikan RAM yang terlalu besar agar tidak terlalu memakan banyak resource, untuk alokasi RAM ini sebetulnya 64 MB pun sudah cukup. 

Namun saya memberikan alokasi RAM sebesar 128 MB. Untuk path Qemu binary secara otomatis akan ditentukan sendiri oleh GNS3, klik tombol Next untuk melanjutkan.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
4. Menentukan Tipe Console Untuk Mikrotik CHR
Selanjutnya kita bisa menentukan tipe console yang akan dipakai, pilihan tipe console yang tersedia yaitu VNC, Spice dan Telnet, dikarenkan kita akan lebih sering berhubungan dengan command line ketika mengkonfigurasi router, maka console typenya pilih Telnet saja, klik Next lagi.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
5. Tambahkan Image Mikrotik CHR Lalu Install
Tentukan image router yang akan dipakai pada bagian Disk image (lihat gambar dibawah), karena kita akan menggunakan image router mikrotik CHR yang baru saja didownload, jadi pilih New Image saja, lalu pada kolom Disk image (hda) klik Browse.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Lalu pilih image router yang sebelumnya sudah kita ekstrak & klik tombol Open.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Kalau muncul kotak dialog "Would you like to copy chr-6.42.3.img to the default images directory" pilih saja Yes sehingga akan terlihat seperti ini, kemudian klik Finish.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Setelah mengklik tombol Finish, maka akan muncul halaman summary seperti gambar di bawah, sampai disini sebetulnya sudah selesai, namun ada beberapa hal yang perlu kita sesuaikan, seperti menambahkan jumlah interface ethernet pada router (defaultnya cuma 1 interfaces saja) dan mengubah icon router.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu

Mengubah Icon Router Mikrotik CHR di GNS3

Untuk mengubah icon router mikrotik di GNS3 caranya cukup mudah, masih di jendela Preferences -> Qemu VMs, kemudian klik tombol Edit, lalu pada tab General settings cari kolom Symbol kemudian klik Browse (lihat gambar dibawah).
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Setelah itu akan muncul jendela Symbol selection seperti gambar dibawah, pada kolom pencarian ketik kata kunci "router" lalu pilih icon router seperti ini, kemudian klik OK.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu

Menambahkan Interface Ethernet Router Mikrotik CHR di GNS3 

Kalau tadi kita mengubah icon router di tab General settings, sekarang klik tab Network, kemudian pada kolom Adapters kita bisa menentukan jumlah interface ethernet pada router, misalnya saya ubah jumlah interfacenya dari 1 ke 5.

Kemudian klik OK, lalu klik tombol Apply untuk menyimpan semua konfigurasi.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Nah sekarang kita sudah bisa menggunakan dan mensimulasikan router mikrotik CHR di GNS3, caranya tinggal drag and drop saja routernya dari menu sebelah kiri ke workspace seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Kemudian klik kanan router yang sudah di drag ke workspace lalu pilih console, hasilnya kita sudah bisa mengkonfigurasi router mikrotik di GNS3 menggunakan image Mikrotik CHR.
Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 via Qemu
Bagi kamu yang ingin belajar mengkonfigurasi router mikrotik dari awal silahkan baca tutorial konfigurasinya yang sudah saya posting disini (Baca : Tutorial konfigurasi dasar router mikrotik), di artikel selanjutnya saya akan membahas Tutorial Cara Install Mikrotik CHR di Virtualbox GNS3, jadi pantengin terus ya blog dodiventuraz.net agar kamu gak ketinggalan update terbaru.

Baca juga :

Akhir kata, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search