Belajar Network Dasar di Docker

- 6/02/2018
Belajar Network Dasar Dengan Docker - Pada kesempatan kali ini kita akan kembali melanjutkan pembelajaran materi Docker sebagai virtualisasi zaman now. Sebelumnya kita sudah belajar mengenai cara instalasi web server pada docker dan juga cara mengubah tampilan default web server pada docker.

Baca juga :

Kali ini saya masih membahas mengenai basic tutorial pada docker, yaitu docker network, apa itu docker network ? monggo disimak dulu penjelasannya.

Pengertian Docker Network

Docker network merupakan sebuah opsi menu yang memungkinkan kita untuk melakukan segala hal yang berhubungan dengan manajemen administrasi jaringan, seperti membuat jaringan, menghubungkan, melihat informasi jaringan hingga mendetail sekali. Disini kita akan mencoba untuk membuat jaringan baru, lalu menerapkannya di kontainer yang akan kita jalankan, lalu terakhir kita coba membaca informasi dari jaringan tersebut.
Belajar Network Dasar di Docker
Hmm, menarik bukan? Sebelum belajar docker network, pastikan kamu sudah menginstall mesin dockernya di PC / Server, dan sedikit pengetahuan mengenai cara pengoperasian docker, tutorial instalasinya bisa kamu baca disini (Baca : Tutorial cara install docker di linux).

Kalau proses instalasi docker sudah selesai, mari kita lanjutkan.
Pertama, silahkan buka menu docker network dengan perintah sudo docker network, kita akan melihat daftar perintah yang bisa digunakan, diantaranya sebagai berikut.
idris@idris ~ $ sudo docker network 
Commands:
  connect     Connect a container to a network
  create      Create a network
  disconnect  Disconnect a container from a network
  inspect     Display detailed information on one or more networks
  ls          List networks
  prune       Remove all unused networks
  rm          Remove one or more networks

Kita juga bisa melihat daftar jaringan yang ada dengan menambahkan command ls setelah perintah docker network seperti ini.

idris@idris ~ $ sudo docker network ls

Kalau kita belum menambahkan network atau masih default maka tampilannya akan terlihat seperti ini.
Belajar Network Dasar di Docker
Untuk itu kita coba tambahkan network baru dengan mengetikkan perintah berikut di console terminal.

idris@idris ~ $ sudo docker network create --subnet 10.10.10.0/24 belajar-network

Setelah itu kita cek lagi daftar jaringan yang ada dengan perintah berikut.

idris@idris ~ $ sudo docker network ls

Jika berhasil, kamu akan melihat network dengan nama belajar-network di daftar jaringan tersebut, selanjutnya kita coba running kontainer dengan address dari network yang baru saja dibuat.

Sebagai percobaan kita gunakan image httpd saja, ketikkan perintah seperti ini.

idris@idris ~ $ sudo docker run -d --network belajar-network --ip 10.10.10.66 httpd

Pastikan tidak ada error, tahap berikutnya kita cek kontainernya dengan perintah.

idris@idris ~ $ sudo docker ps

Pastikan statusnya sudah UP, pada tutorial sebelumnya setelah tahap ini kita harus mengecek kembali address dari kontainernya. Sekarang tidak perlu lagi karena addressnya sudah kita tentukan ketika melakukan running kontainer, tapi kalau mau dicek lagi juga tidak masalah.

Untuk mengeceknya kamu bisa menjalankan perintah dibawah ini.

idris@idris ~ $ sudo docker network inspect belajar-network

Silahkan cari address yang sesuai dengan nama kontainernya yg sudah dibuat sebelumnya. Kemudian ketikkan alamat IPnya di URL bar browser, pastikan hasil akhirnya muncul tulisan It Works! seperti gambar dibawah ini.
Belajar Network Dasar di Docker
Kalau kamu sudah berhasil sampai langkah terakhir ini, berarti kamu sudah menyelesaikan materi belajar network dasar di docker. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan yang kurang jelas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search